HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KARIR DAN KONSEP DIRI DENGAN MINAT WIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2006/2007


Karyono, 1301503005 (2007) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KARIR DAN KONSEP DIRI DENGAN MINAT WIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KARIR DAN KONSEP DIRI DENGAN MINAT WIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2006/2007]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KARIR DAN KONSEP DIRI DENGAN MINAT WIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2006/2007) - Published Version
Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan karir dan minat wirausaha pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri I Seyegan, Sleman, Yogyakarta; 2). Hubungan antara konsep diri dan minat wirausaha pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri I Seyegan, Sleman, Yogyakarta; 3). Hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan karir dan konsep diri dengan minat wirausaha pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri I Seyegan, Sleman, Yogyakarta; 4). Seberapa besar sumbangan persepsi terhadap layanan bimbingan karir dan konsep diri secara bersama-sama terhadap minat wirausaha siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri I Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri I Seyegan, sleman, Yogyakarta tahun pelajaran 2006/2007 sejumlah 234 siswa. Sampel penelitian sebesar 50% (117 siswa) diambil dengan tehnik propositional random sampling dengan cara undian. Variabel yang diteliti yaitu variabel bebas pertama (x1) yaitu persepsi terhadap layanan bimbingan karir. Variabel bebas kedua (x2) yaitu konsep diri, dan variabel terikat (y) yaitu minat wirausaha. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode skala psikologi. Uji validitas dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 11.0 for windows, hasilnya, untuk variabel persepsi terhadap layanan bimbingan karir dari 20 butir dinyatakan sahih semua, untuk variabel konsep diri dari 25 butir dinyatakan sahih semua dan untuk variabel minat wirausaha dari 25 butir dinyatakan sahih semua. Uji reliabilitas dengan menggunakan tehnik rumus alpha, diperoleh P11 = 0,841; untuk variabel persepsi terhadap layanan bimbingan karir P11 = 0,901; untuk variabel konsep diri dan P11 = 0,903 untuk variabel minat wirausaha. Tehnik analisis data adalah uji prasyarat dan uji korelasi parsial dan korelasi regresi ganda. Berdasar analisis data disimpulkan : 1) Ada hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan karir dengan minat wirausaha pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri I Seyegan, Sleman, Yogyakarta tahun ajaran 2006 / 2007 (rx1y sebesar 0,470 dan p = 0,005); 2) Ada hubungan antara konsep diri dengan minat wirausaha pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri I Seyegan, Sleman, Yogyakarta tahun ajaran 2006 / 2007 (rx2y sebesar 0,727 dan p = 0,005); 3) Ada hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan karir dan konsep diri pada siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri I Seyegan, xii Sleman, Yogyakarta diperoleh persamaan garis regresi sebagai berikut : Y = 0,436 + 0,243 X1 + 0,626 X2; dan sumbangan efektif variabel persepsi terhadap layanan bimbingan karir terhadap minat wirausaha sebesar 24,3% dan sumbangan efektif variabel konsep diri terhadap minat wirausaha sebesar 62,6%. Saran pada siswa diberikan pemahaman untuk meningkatkan mengenai persepsi terhadap layanan bimbingan karir sehingga siswa dapat dan mampu memahami tentang wirausaha untuk prospek masa depan, siswa diberikan pengertian tentang konsep diri siswa sesuai dengan karir yang diinginkan, siswa diberikan layanan bimbingan karir sesuai dengan konsep diri siswa sehingga siswa dapat meningkatkan wawasan minat wirausaha,

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Konsep Diri, Wirausaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 May 2013 03:50
Last Modified: 21 May 2013 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16742

Actions (login required)

View Item View Item