PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN PADA SISWA KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 1 JEKULO KABUPATEN KUDUS


Izzul Hasanah, 2101403552 (2007) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN PADA SISWA KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 1 JEKULO KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN PADA SISWA KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 1 JEKULO KABUPATEN KUDUS] PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN PADA SISWA KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 1 JEKULO KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Keterampilan menulis paragraf deskripsi merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu diajarkan pada siswa secara terpadu dengan keterampilan berbahasa yang lain. Pada kenyataannya banyak siswa yang beranggapan bahwa keterampilan berbahasa yang paling sulit ialah keterampilan menulis paragraf deskripsi. Hal ini disebabkan, karena sebagian besar siswa kurang memperhatikan dan mengganggap mudah materi menulis paragraf deskripsi sehingga hasil yang diperoleh tidak maksimal. Selain itu, guru jarang menggunakan media pembelajaran sebagai media penyampaian materi pada siswa. Penelitian ini mengkaji masalah (1) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Jelulo Kabupaten Kudus setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung melalui pendekatan kontekstual komponen pemodelan dan ; (2) Bagaimanakah perubahan sikap dan tingkah laku siswa setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung melalui pendekatan kontekstual komponen pemodelan. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung pada siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Jekulo Kabupaten Kudus dan untuk mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku siswa setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui teknik objek langsung. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung dengan target pada siklus I dan siklus II adalah 80,00. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung. Teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi (foto) kepada siswa kelas XI IPS- 2 SMA Negeri 1 Jekulo Kabupaten Kudus. Teknik analisis data kualitatif meggunakan deskripsi kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menulis paragraf deskripsi pada prasiklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 21,6 %. Pada prasiklus nilai rata-rata kelas mencapai 67,5. Pada siklus I terjadi peningkatan dari nilai rata-rata prasiklus sebesar 7 poin atau 10,4 % dengan nilai rata-rata kelas sebesar 74,5 dan pada siklus II mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus I sebesar 7,6 poin atau 10,2 % dengan nilai rata-rata 82,1. Untuk peningkatan pada prasiklus ke siklus II adalah 14,6 poin atau 21,6 %. Peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada tiap siklus diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah positif. Hal tersebut terlihat pada keaktifan siswa dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran serta siswa merasa senang dan tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung pada siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Jekulo mengalami peningkatan. penulis menyarankan kepada guru Bahasa dan Sastra Indonesia agar menggunakan teknik objek langsung untuk pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Kepada siswa agar aktif berlatih untuk menulis, terutama menulis paragraf deskripsi. Bagi peneliti diharapkan melakukan penelitian dengan menggunakan teknik atau media lain, untuk menambah khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, paragraf deskripsi, teknik objek langsung, pendekatan kontekstual komponen pemodelan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 00:24
Last Modified: 25 Apr 2015 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item View Item