Tari Aplang Di Sanggar Serulingmas Banjarnegara: Tinjauan Gaya Tari
Ade Andriani , 2502405012 (2009) Tari Aplang Di Sanggar Serulingmas Banjarnegara: Tinjauan Gaya Tari. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Tari Aplang Di Sanggar Serulingmas Banjarnegara: Tinjauan Gaya Tari)
- Published Version
Download (4MB) |
Abstract
Tari Aplang merupakan kesenian khas dari Banjarnegara. Tarian ini ditarikan oleh remaja putra-putri,sebagai sarana untuk menyebarkan agama Islam yang berasal dari daerah Banjarnegara. Tari Aplang memiliki keunikan dalam gerak-gerak tarian yang diambil dari gerak silat, dalam penyajian tari Aplang terdapat atraksi gapyak yang dimainkan oleh penari sehingga menimbulkan suara yang harmonis. Gerak-gerak silat yang menjadi ciri khas dari tari Aplang membuat tarian ini terliaht lincah dan atraktif. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana gaya tari Aplang dari segi aspek dasar tari dan Bagaimana gaya tari Aplang dari segi aspek pendukung tari. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan gaya tari Aplang dari segi aspek dasar tari dan ingin mendeskripsikan gaya tari Aplang dari segi aspek pendukung tari.. Manfaat penelitian ini adalah : (1) menambah pengetahuan dan wawasan peneliti mengenai gaya tari Aplang, (2) sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis, (3) sebagai informasi bagi seniman pencipta seni tari.. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, karena pada dasarnya penelitian kualitatif menghasilkan data yang sifatnya deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.Tiga tahapan teknik penelitian yaitu penentuan obyek penelitian yaitu lokasi dan sarana penelitian, teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dibagi menjadi tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ,bahwa gaya dalam tari Aplang terdiri dari gerak-gerak silat, instrument yang digunakan kendhang dan bedug. Tata rias dan busana penari putra dan putri menggunakan lengan panjang, celana dan kain yang di wiru, untuk putri menggunakan sanggul sedangkan putra memakai topi. Rias tari Aplang adalah rias korektif. Disimpulkan bahwa gerak tari yang terdapat pada tari Aplang sangat dominan dengan gerak pencak silat (tangkis, tusuk dan pukul) dengan tenaga yang cukup besar dengan kesan lebar, kuat dan cepat. Iringan yang selalu mengikuti tempo cepat memberikan kesan lincah dan ramai. Rias busana dibagi 3 yaitu tata rias busana, tata rias wajah dan tata rias rambut. Saran penulis (1) untuk para seniman diharapkan tetap melestarikan dan mepertahankan gerak silat, iringan tari Aplang sebagai ciri khas yang ada pada tari Aplang, (2) Bagi Dinas Pariwisata disarankan untuk mengadakan lomba-lomaba atau festival tari Aplang agar keberadaan tari Aplang tetap eksis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Apr 2011 02:06 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1625 |
Actions (login required)
View Item |