Keefektifan Hypnobirthing untuk Mengurangi Kecemasan Ibu Hamil


Nenti Mardyaningsih , 1550405064 (2012) Keefektifan Hypnobirthing untuk Mengurangi Kecemasan Ibu Hamil. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Hypnobirthing untuk Mengurangi Kecemasan Ibu Hamil] Microsoft Word (Keefektifan Hypnobirthing untuk Mengurangi Kecemasan Ibu Hamil)
Download (32kB)

Abstract

Proses persalinan atau kelahiran cenderung memicu kecemasan, baik untuk kelahiran yang pertama kali ataupun yang kesekian kali. Umumnya seorang wanita yang akan melahirkan akan mengalami proses rasa sakit atau rasa nyeri. Jika wanita yang akan melahirkan tidak dapat menahan rasa nyeri dan dibiarkan, hal yang dicemaskan adalah konsentrasi calon ibu menghadapi atau selama proses persalinan terganggu. Hal ini sangat berbahaya bagi calon ibu ataupun bayinya. Kondisi tersebut karena keadaan yang pernah atau baru akan terjadi dan sering menyebabkan seorang wanita yang akan melahirkan merasa ketakutan, khawatir dan cemas menjalaninya. Saat merasa takut, tubuh mengalihkan darah dan oksigen dari organ pertahanan non esensial menuju kelompok otot besar di wilayah kaki dan tangan. Akibatnya, area wajah ditinggalkan, makanya ada ungkapan pucat karena ketakutan. Dalam situasi yang menakutkan, tubuh mempertimbangkan bahwa uterus atau rahim dipandang sebagai organ tidak penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian hypnobirthing terhadap tingkat kecemasan ibu hamil. Subjek penelitian adalah ibu hamil yang periksa di tempat praktik bidan Rugayah, Amd. Keb, CHt yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan disain eksperimen one group pretest-posttest design. Pengambilan data menggunakan skala kecemasan sebanyak 58 item. Hasil validitas instrumen skala kecemasan dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh 35 aitem valid dan koefisien reliabilitasnya dilakukan dengan rumus alpha cronbach 0,960. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik Wilcoxon-Mann Whitney. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan tingkat kecemasan pada pretest dan posttest kelompok eksperimen dengan taraf signifikansi 0,003. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa hypnobirthing efektif untuk mengurangi kecemasan pada ibu hamil. Peneliti menyarankan kepada Ibu hamil hendaknya rutin dan teratur melakukan hypnobirthing sejak awal kehamilan sehingga manfaat dari hypnobirthing dapat diperoleh. Hal ini dilakukan sebagai sarana untuk mencegah gejala-gejala kecemasan baik secara fisiologis dan psikologis, yang dapat menyebabkan nyeri selama persalinan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hypnobirthing, kecemasan, ibu hamil
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2012 14:08
Last Modified: 04 Nov 2012 14:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16211

Actions (login required)

View Item View Item