pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMP N 4 Singorojo


Suwandono , 3401407002 (2012) pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMP N 4 Singorojo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMP N 4 Singorojo] Microsoft Word (pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMP N 4 Singorojo) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh yang diterapkan oleh masing – masing orang tua siswa dan apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMP N4 Singorojo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua (otoriter, demokratis dan permisif) dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singorojo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singorojo yang berjumlah 55 orang. Pengolahan data dilakukan dengan analisis korelasi product moment. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua dan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala pola asuh orang tua. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dengan bantuan program Statistic for Social Science (SPSS)versi 16. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua demokratis dengan prestasi belajar siswa di sekolah pada siswa kelas VIII SMP N 4 Singorojo dengan koefisien korelasi masing-masing untuk pola asuh demokratis sebesar 0,596 lebih besar dari nilai sig 009. sedangkan pola asuh otoriter 0,025 lebih kecil dari nilai sig 920. Dan pola asuh permisif sebesar 0,159 lebih kecil dari nilai sig 529. Yang artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter dan permisif dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMPN N 4 Singorojo. Hal yang disarankan bagi orangtua salahsatunya adalah hendaknya orangtua lebih menekankan pola asuh demokratis terhadap putra putrinya dalam upaya meningkatkan pengetahuan, nilai moral dan perilakunya. Hal ini didasarkan atas hasil penelitian yang menunjukan pola asuh demokratis memiliki hubungan yang signifikan terhadap pencapaian prestasi belajarnya, sedangkan pola asuh otoriter dan permisif tidka memiliki hubunganyang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah agar dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai pola asuh dan prestasi belajar siswa dari beberapa faktor yang lebih luas dan penggunaan instrument yang tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Nov 2012 11:53
Last Modified: 03 Nov 2012 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16206

Actions (login required)

View Item View Item