KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP TAKHASUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO KELAS VII TAHUN AJARAN 2009/2010


Aerienda Musthafa , 4101405505 (2010) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP TAKHASUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO KELAS VII TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP TAKHASUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO KELAS VII TAHUN AJARAN 2009/2010] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP TAKHASUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO KELAS VII TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang sangat penting untuk dimiliki, karena dapat membantu dalam kemampuan lain yaitu pemecahan masalah, penalaran, pemahaman, dan berfikir kritis. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis perlu diterapkan model pembelajaran yang lebih berorientasikan pada keaktifan peserta didik melalui diskusi diantaranya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif jika dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis jika dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD peserta didik SMP Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cluster random sampling dan diperoleh hasil peserta didik kelas VIIB sebagai kelas eksperimen I yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan peserta didik kelas VIIC sebagai kelas eksperimen II yang dikenai model pembelaran kooperatif tipe Jigsaw. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes yang kemudian dianalisis dengan uji proporsi untuk menguji hipotesis penelitiannya. Hipotesis penelitiannya adalah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada SMP Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Berdasarkan uji proporsi pada taraf signifikansi 5% ternyata proporsi kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang nilainya ≥65 pada kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang nilainya ≥65 pada kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan kata lain bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo kelas VII tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan penelitian tersebut, maka peneliti memberikan saran agar model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 00:58
Last Modified: 25 Apr 2015 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item View Item