Analisis Perancangan Dan Pembuatan Program PLC Pembacaan Encoder Pada Sistem Robot Record And Replay


Wahyu Widiyanto , 5201408032 (2012) Analisis Perancangan Dan Pembuatan Program PLC Pembacaan Encoder Pada Sistem Robot Record And Replay. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis  Perancangan  Dan  Pembuatan  Program PLC Pembacaan Encoder Pada Sistem Robot Record And Replay] Microsoft Word (Analisis Perancangan Dan Pembuatan Program PLC Pembacaan Encoder Pada Sistem Robot Record And Replay) - Published Version
Download (38kB)

Abstract

Robot-robot industri banyak menggunakan sistem pemrograman numeric control (NC). Salah satu bagian yang sangat penting untuk mendukung aspek kemudahan pada robot yaitu dengan menggantikan sistem pemrograman numeric dengan sistem record and replay gerakan berbasis Programmable Logic Control (PLC) dan Visual Basic. Permasalahan pada penelitian ini adalah 1.) Bagaimana merancang dan membuat program PLC pembacaan data pulse encoder? 2.) Bagaimana merancang dan membuat program PLC pembeda arah gerakan encoder?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Perancangan dan pembuatan program PLC pembacaan data pulse encoder. 2.) Perancangan dan pembuatan program PLC pembeda arah gerakan encoder. Metode perancangan penelitian ini dengan merancang langkah kerja yang pertama dikerjakan adalah membuat dan merangkai trainer PLC dengan encoder. Membuat program pembacaan encoder pada CX-Programmer. Kemudian menguji program dengan cara memutar encoder. Berdasarkan hasil pembahasan pengujian pembacaan data pulse dan arah gerakan encoder pada pengujian dengan satu sampai lima kali gerakan putaran encoder dapat terbaca semua dengan prosentase ketepatan 100%. Hasil pengujian Tingkat error program dari pengujian pertama sampai kelima dengan prosentase ketepatan dengan rata-rata 94%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program PLC, Encoder, Record and Replay
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2012 20:55
Last Modified: 01 Nov 2012 20:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16175

Actions (login required)

View Item View Item