Komparasi Hasil Belajar Menggambar Proyeksi dengan Sistem Amerika dan Sistem Eropa Berbasis VideoCAD(Computer Aided Design)


Arif Setya Kurniawan , 5201408010 (2012) Komparasi Hasil Belajar Menggambar Proyeksi dengan Sistem Amerika dan Sistem Eropa Berbasis VideoCAD(Computer Aided Design). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Komparasi Hasil Belajar Menggambar Proyeksi dengan Sistem Amerika dan Sistem Eropa Berbasis VideoCAD(Computer Aided Design)] Microsoft Word (Komparasi Hasil Belajar Menggambar Proyeksi dengan Sistem Amerika dan Sistem Eropa Berbasis VideoCAD(Computer Aided Design)) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Pandangan dalam gambar teknik mesin kebanyakan divisualisasikan menggunakan proyeksi lurus. Ada dua cara untuk menggambar proyeksi lurus, yaitu proyeksi sistem Amerika dan proyeksi sistem Eropa. Kedua proyeksi tersebut memiliki kesamaan untuk menyampaikan maksud dari suatu gambar, hanya saja cara menyampaikan yang berbeda, yaitu dengan memberikan gambar pandangan masing-masing. Karena perbedaan itu sering terjadi pemahaman yang berbeda-beda oleh pembaca gambar dalam memahami suatu gambar, sehingga para pembaca gambar menyimpulkan salah satu dari cara proyeksi tersebut lebih mudah dibanding yang lain. Untuk mengetahui lebih jelas proyeksi mana yang lebih mudah dipahami maka perlu dilakukan penelitian tentang gambar proyeksi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) seberapa besar nilai hasil belajar menggambar proyeksi sistem Amerika mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin, (2) seberapa besar nilai hasil belajar menggambar proyeksi sistem Eropa mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin, (3) seberapa besar peningkatan hasil belajar menggambar proyeksi dengan sistem Amerika dan sistem Eropa mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin, dan (4) apakah ada perbedaan hasil belajar menggambar proyeksi dengan sistem Amerika dan sistem Eropa mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan The Static Group Pre-test Post-test Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data penelitian.Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang angkatan 2011 peserta mata kuliah Gambar Mesin yang terdiri dari 4 kelas atau rombel dengan jumlah 107 mahasiswa. Sampel diambil secara acak dengan metode random sampling, kemudian diperoleh rombel 2 sebagai kelompok eksperimen 1 menggambar proyeksi sistem Amerika dan rombel 1 sebagai kelompok eksperimen 2 menggambar proyeksi Eropa. Hasil penelitian yang diperoleh dalam menggambar proyeksi sistem Amerika kelompok eksperimen 1 yang semula 41,48 meningkat menjadi 65,93 atau terjadi peningkatan 24,44 (58,94,%), sedangkan hasil menggambar proyeksi sistem Eropa kelompok eksperimen 2 yang semula 40,38 meningkat menjadi 55,00 atau terjadi peningkatan 14,62 (36,21%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa menggambar proyeksi Amerika setelah menggunakan pembelajaran berupa video CAD lebih tinggi dibandingkan dengan menggambar proyeksi Eropa. Hasil analisis uji-t nilai post-test juga menunjukkan adanya perbedaan dari dua kelompok penelitian, dengan demikian dapat dikatakan bahwa gambar proyeksi sistem Amerika lebih mudah untuk dipahami dibandingkan dengan gambar proyeksi sistem Eropa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, gambar proyeksi, video CAD
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2012 20:52
Last Modified: 01 Nov 2012 20:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16174

Actions (login required)

View Item View Item