Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kompetensi Sistem Starter di SMK YPT 1 Purbalingga


Setiawan Hendarto, 5201406024 (2012) Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kompetensi Sistem Starter di SMK YPT 1 Purbalingga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kompetensi Sistem Starter di SMK YPT 1 Purbalingga.] Microsoft Word (Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kompetensi Sistem Starter di SMK YPT 1 Purbalingga.) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang peningkatan prestasi belajar siswa jika menggunakan video animasi pada kompetensi sistem starter di SMK YPT 1 Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran yang dilakukan dengan mempergunakan video animasi mampu meningkatkan prestasi belajar sistem starter pada siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK YPT 1 Purbalingga. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah peneliti menggunakan jenis True Eksperimental dengan bentuk pretest-postest control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK YPT 1 Purbalingga yang berjumlah 4 kelas. Penentuan sampel / kelompok perlakuan dilakukan secara random selection. Peneliti mengambil dua dari empat kelas yang ada, kemudian membagi menjadi dua kelompok, yaitu satu kelas kelompok kontrol dan satu kelas koelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar tentang sistem starter dengan penggunaan video animasi. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa tentang sistem starter antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal ini ditunjukkan oleh harga thitung = 3,25 lebih besar jika dibandingkan ttabel = 1,67 berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis yang berbunyi “Ada peningkatan kompetensi Sistem Starter setelah menggunakan video animasi” teruji kebenarannya. Pembelajaran menggunakan video animasi sistem starter terjadi peningkatan sebesar 16,50 atau 29,79% dari nilai awal, sedangkan pembelajaran menggunakan metode ceramah terjadi peningkatan sebesar 10,93 atau 18,79% dari nilai awal Mengingat penggunaan video animasi telah meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi sistem starter, maka guru atau instrukstur disarankan untuk menggunakan video animasi tersebut sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran, agar didapatkan hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video animasi, prestasi belajar, kompetensi sistem starter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2012 20:47
Last Modified: 01 Nov 2012 20:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16173

Actions (login required)

View Item View Item