Pengaruh metode portofolio terhadap hasil belajar mata diklat menggambarbangunan gedung di SMK N 7 Semarang


Juang Eka Kurniawan , 5101407018 (2012) Pengaruh metode portofolio terhadap hasil belajar mata diklat menggambarbangunan gedung di SMK N 7 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh metode portofolio terhadap hasil belajar mata diklat menggambarbangunan gedung di SMK N 7 Semarang] Microsoft Word (Pengaruh metode portofolio terhadap hasil belajar mata diklat menggambarbangunan gedung di SMK N 7 Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Metode pembelajaran yang umum dilakukan oleh guru yaitu ceramah. Dengan metode ini siswa cenderung lebih pasif tanpa ada kesempatan mengelola sendiri pengetahuan yang diperoleh, akibatnya siswa kurang memahami materi pelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu adalah metode Portofolio. Metode tersebut menempatkan siswa sebagai pusat pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah dan berapakah besar pengaruh metodePortofolio terhadap hasil belajar mata diklat konstruksi pondasi siswa kelas XI SMK N 7 Semarang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada dan seberapa besar pengaruh metode Portofolio terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK N 7 Semarang. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 7 Semarang tahun pelajaran 2012/2013, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI TGB 1 dan XITGB 2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes .dokumentasi digunakan untuk mengetahui nilai ulangan pada bab sebelumnya sedangkan Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu Random Sampling. Metode yang digunakan untuk mengambil data yaitu metode observasi, metode tes, metode dokumentasi. Data hasil tes kognitif yang diperoleh akan dianalisis melalui 2 tahap yaitu uji tahap awal dan uji tahap akhir. Dari analisis data pada uji tahap awal diperoleh bahwa uji kesamaan rata-rata pada saat pre test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung = 0,29 sedangkan Ftabel = 2,979, karena Fhitung < Ftabel maka ketiga kelompok tersebut mempunyai kesamaan rata-rata yang sama. Sedangkan dari analisis data pada uji tahap akhir diperoleh bahwa uji perbedaan kedua rata-rata (satu pihak) pada saat post test diperoleh thitung = 2,048 lebih besar dari ttabel = 1,061, maka hipotesis Ho ditolak. Oleh karena Ho ditolak berarti metode Portofolio lebih baik daripada metode pembelajaran Konvensional. Berdasarkan perhitungan koefisien biserial pengaruh metode Portofolio terhadap hasil belajar = 57,51% Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mata diklat konstruksi pondasi pada siswa yang mendapatkan pengajaran dengan menggunakan metode portofoliohasilnya lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode portofoliolebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata diklat konstruksi pondasi dibandingkan metode konvensional (ceramah).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Portofolio , Hasil Belajar Konstruksi Pondasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2012 20:22
Last Modified: 01 Nov 2012 20:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item