Pengaruh Modifikasi Penggunaan Teknik Reward Untuk Meminimalkan Kecenderungan Perilaku Negativisme Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Pati (Studi Eksperimen pada anak kelompok B di TK Pertiwi 01 Pati Kabupaten Pati)


Desty Irnayanty, 1601910022 (2012) Pengaruh Modifikasi Penggunaan Teknik Reward Untuk Meminimalkan Kecenderungan Perilaku Negativisme Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Pati (Studi Eksperimen pada anak kelompok B di TK Pertiwi 01 Pati Kabupaten Pati). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Modifikasi Penggunaan Teknik Reward Untuk Meminimalkan Kecenderungan Perilaku Negativisme Anak Usia  5-6 Tahun Di TK Pertiwi Pati (Studi Eksperimen pada anak kelompok B di TK Pertiwi 01 Pati Kabupaten Pati)] Microsoft Word (Pengaruh Modifikasi Penggunaan Teknik Reward Untuk Meminimalkan Kecenderungan Perilaku Negativisme Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Pati (Studi Eksperimen pada anak kelompok B di TK Pertiwi 01 Pati Kabupaten Pati)) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu meningkatnya gangguan emosi dan perilaku yang seringkali muncul di dalam kelas adalah perilaku negativisme atau suka membangkang pada anak dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu peneliti berkeinginan untuk mengadakan penelitian tentang bagaimana meminimalkan kecenderungan perilaku negativisme anak usia 5-6 tahun. Dengan salah satu upaya memodifikasi penggunaan teknik reward yang diberikan pada anak. Permasalahan penelitian ini adalah ada tidaknya pengaruh modifikasi penggunaan teknik reward untuk meminimalkan kecenderungan perilaku negativisme anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Pati dan bagaimana cara penerapannya pada anak usia dini. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana modifikasi penggunaan teknik reward untuk meminimalkan kecenderungan perilaku negativisme anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Pati. Penelitian dilakukan terhadap 20 anak kelompok B di TK Pertiwi 01 Pati. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre Experimental Design dengan desain penelitian pre test dan post test desain. Peneliti melakukan studi lapangan dengan memberikan perlakuan modifikasi penggunaan teknik reward di TK Pertiwi 01 Pati dan tidak memberikan perlakuan pada anak kelompok B di TK Pertiwi 03 Pati. Hasil penelitian di TK Pertiwi 01 Pati untuk pre test yang diperoleh yaitu pada interval 6-10 dengan frekuensi 11 termasuk kategori cukup baik sedangkan hasil post test diperoleh pada interval 0-5 dengan frekuensi 13 termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan pada tabel untuk uji t, maka diketaui thitung nilainya adalah 2,538 sedangkan ttabel 1,686. Sehingga thitung 2,538 > t tabel 1,686 atau berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modifikasi penggunaan teknik reward dapat meminimalkan kecenderungan perilaku negativisme anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Pati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecenderungan Perilaku Negativisme Anak Usia 5-6 tahun.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2012 02:36
Last Modified: 01 Nov 2012 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16167

Actions (login required)

View Item View Item