PROFIL GURU RAUDHATUL ATHFAL (RA) DI KOTA SEMARANG (Studi Deskriptif di Kecamatan Tembalang Kota Semarang, 2012)


Suminah, 1601908004 (2012) PROFIL GURU RAUDHATUL ATHFAL (RA) DI KOTA SEMARANG (Studi Deskriptif di Kecamatan Tembalang Kota Semarang, 2012). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROFIL GURU RAUDHATUL ATHFAL (RA)  DI KOTA SEMARANG (Studi Deskriptif di Kecamatan Tembalang Kota Semarang, 2012)] Microsoft Word (PROFIL GURU RAUDHATUL ATHFAL (RA) DI KOTA SEMARANG (Studi Deskriptif di Kecamatan Tembalang Kota Semarang, 2012)) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Guru RA di Kecamatan Tembalang mempunyai latar belakang pendidikan yang beragam, juga tingkat kesejahteraannya, maka untuk meningkatkan kesejahteraan, para guru memiliki pakerjaan sampingan baik itu relevan dengan tugasnya sebagai pendidik ataupun tidak relevan, hal inilah yang akan diteliti oleh peneliti. Permasalahan dalam penelitian adalah : (1) Bagaimana latar belakang pendidikan guru Raudhatul Athfal (RA)? (2) Bagaimana keadaan dan tingkat kesejahteraan atau gaji guru Raudhatul Athfal (RA)? (3) Apa saja pekerjaan sampingan yang relevan dan tidak relevan yang ditekuni guru Raudhatul Athfal (RA) untuk memenuhi kesejahteraannya? (4)Apa saja tema pelatihan relevan dan tidak relevan yang pernah diikuti oleh guru Raudhatul Athfal (RA)?. Tujuan dari penelitian adalah (1) Untuk mengetahui latar belakang pendidikan guru Raudhatul Athfal (RA). (2) Untuk mengetahui keadaan dan tingkat kesejahteraan atau gaji guru Raudhatul Athfal (RA).(3) Untuk mengetahui pekerjaan sampingan yang relevan dan tidak relevan yang ditekuni guru Raudhatul Athfal (RA) untuk memenuhi kesejahteraannya. (4) Untuk mengetahui tema pelatihan relevan dan tidak relevan yang pernah diikuti oleh guru Raudhatul Athfal (RA). Penelitian yang dilakukan di Kecamatan Tembalang ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis diskriptif. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian yang dapat diperoleh adalah (1) Latar belakang pendidikan guru Raudhatul Athfal di Kecamatan Tembang Kota Semarang yang berjumlah 62 orang terdiri SMA, DII, dan Sarjana. (2) Keadaan dan tingkat kesejahteraan atau gaji guru Raudhatul Athfal di Kecamatan Tembalang Kota Semarang berpenghasilan dibawah Upah Minimun Regional Kota Semarang yaitu Rp 950.000. Sedangkan sisanya berpenghasilan sesuai UMR. (3) Pekerjaan sampingan yang dilakukan oleh Guru Raudhatul Athfal se Kecamatan Tembalang Kota Semarang bermacam-macam, seperti menjahit, membuka warung di rumah, bertani, berkebun, les privat, dan guru TPQ / Madin di sore hari. (4) Pelatihan-pelatihan, work shop, atau seminar yang diikuti sangat beragam. Namun kebanyakan hanya mengikuti ketika pelatihan tersebut tidak dipungut biaya atau gratis. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa, latar belakang pendidikan, tingkat kesejahteraan atau gaji yang diterima, pelatihan-pelatihan yang diikuti, dan pekerjaan sampingan sangat berpengaruh pada kinerja guru Raudhatul Athfal terutama di Kecamatan Tembalang dan umumnya pada guru-guru disemua tingkatan satuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Nov 2012 02:26
Last Modified: 01 Nov 2012 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16165

Actions (login required)

View Item View Item