Pengaruh Sikap Mahasiswa pada Tindak Korupsi terhadap Perilaku Menyontek pada Mahasiswa Psikologi Unnes


Indra P.H Sinaga , 1550406052 (2012) Pengaruh Sikap Mahasiswa pada Tindak Korupsi terhadap Perilaku Menyontek pada Mahasiswa Psikologi Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Sikap Mahasiswa pada Tindak Korupsi terhadap Perilaku Menyontek pada Mahasiswa Psikologi Unnes] Microsoft Word (Pengaruh Sikap Mahasiswa pada Tindak Korupsi terhadap Perilaku Menyontek pada Mahasiswa Psikologi Unnes) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menyontek yang terjadi di Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.Perilaku menyontek merupakan tindakan curang yang dianggap wajar oleh sebagian besar mahasiswa.Menyontek dapat dikategorikan sebagai tindak korupsi, sama-sama perilaku curang, mencuri, dan manifestasi dari ketidakjujuran.Perilaku menyontek dan tindak korupsi muncul karena adanya kesempatan dan niat pelaku.Logikanya, mahasiswa yang memiliki sikap positif pada tindak korupsi maka perilaku menyontek mahasiswa tinggi tetapi sebaliknya mahasiswa yang memiliki sikap negatif pada tindak korupsi maka perilaku menyontek mahasiswa rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara sikap mahasiswa pada tindak korupsi terhadap perilaku menyontek pada mahasiswa Psikologi Unnes. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 135 orang mahasiswa psikologi.Teknik sampling yang digunakan adalah stratifiield proportional random sampling.Sikap mahasiswa pada tindak korupsi diukur dengan skala, sedangkan perilaku menyontek pada mahasiswa psikologi Unnes diukur dengan angket. Teknik uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan teknik uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Skala sikap mahasiswa pada tindak korupsi mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,938. Skala sikap mahasiswa pada tindak korupsi terdiri dari 42 item dan 36 item yang dinyatakan valid dengan kisaran koefisien validitas 0,358 sampai dengan 0,810. Angket perilaku menyontek pada mahasiswa psikologi Unnes mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,879.Angket perilaku menyontek pada mahasiswa psikologi Unnes terdiri dari 10 butir item dan semua item dinyatakan valid dengan kisaran koefisien validitas 0,577 sampai dengan 0,789.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis korelasi menunjukkan nilai r = 0,138 dengan p = 0,057 (p > 0,05), artinya bahwa sikap mahasiswa pada tindak korupsi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku menyontek pada mahasiswa psikologi Unnes.Simpulan penelitian adalah mahasiswa memiliki sikap negatif pada tindak korupsi dan perilaku menyontek pada mahasiswa psikologi Unnes tergolong rendah sampai sedang.Saran peneliti bagi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang diharapkan pimpinan fakultas dapat melakukan langkah-langkah pemeliharaan sikap negatif mahasiswa pada tindak korupsi dan dapat dibangun budaya jujur untuk mengembangkan integritas civitas akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sikap, tindak korupsi, perilaku menyontek
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2012 03:13
Last Modified: 25 Oct 2012 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16123

Actions (login required)

View Item View Item