Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Tipe STAD pada Siswa Kelas IV SDN Bringin 02 Kota Semarang


Syafaatun Nikmah , 1402408319 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Tipe STAD pada Siswa Kelas IV SDN Bringin 02 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Tipe STAD pada Siswa Kelas IV SDN Bringin 02 Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Tipe STAD pada Siswa Kelas IV SDN Bringin 02 Kota Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas IV SDN Bringin 02 Kota Semarang ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran Matematika. Proses pembelajaran belum mengaitkan materi pembelajaran dengan masalah sehari-hari siswa (kontekstual), siswa belum diberi kesempatan memecahkan permasalahan dengan cara mereka sendiri serta belum difasilitasi media konkret, siswa belum memanfaatkan tutor sebaya, belum adanya penghargaan kelompok serta pemberian kuis dan hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan tipe STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN Bringin 02 Kota Semaran? Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan tipe STAD pada siswa kelas IV SDN Bringin 02 Kota Semarang. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan tipe STAD terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Bringin 02 Kota Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 32 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 37 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 14 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 17,5 dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,8 dengan persentase 78,9% siswa tuntas belajar dan meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata 76,8 dengan persentase 89,5% siswa tuntas belajar. Ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus II > 85% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan tipe STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar matematika. Saran bagi guru adalah menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan tipe STAD dalam pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Pendekatan Kooperatif Tipe STAD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2012 02:34
Last Modified: 25 Oct 2012 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16120

Actions (login required)

View Item View Item