EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI KAYU” Pada Siswa Kelas XI Progam Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010
M Fathur Rohman , 5101405079 (2010) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI KAYU” Pada Siswa Kelas XI Progam Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI KAYU” Pada Siswa Kelas XI Progam Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010)
Download (1MB) |
Abstract
Dalam melaksanakan pembelajaran, guru Teknik Gambar Bangunan perlu menyediakan atau membuat media pembelajaran yang praktis, efektif dan mudah untuk dipahami dan dilaksanakan. Pemilihan media yang tepat memberikan peranan dalam pembelajaran. Selama ini SMK Negeri 5 Semarang kurang memaksimalkan media-media yang ada untuk pembelajaran di kelas. Penelitian ini akan mencoba menggunakan media visual yang praktis dan sederhana yang berisi teori mengenai kuda-kuda sederhana dan detail kuda-kuda sederhana beserta soal-soal evaluasi agar siswa dalam pelajaran ini bisa lebih memahami dan bisa untuk lebih belajar mandiri, karena dengan media visual ini siswa mampu mempelajari sendiri tanpa bantuan orang lain. Permasalahan penelitian ini adalah: “Seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada mata pelajaran Menggambar Konstruksi Kayu pokok bahasan menggambar kuda-kuda sederhana di SMK Negeri 5 Semarang Program tahun ajaran 2009/2010 menggunakan media visual”. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada mata pelajaran Menggambar Konstruksi Kayu pokok bahasan menggambar kuda-kuda sederhana di SMK Negeri 5 Semarang Program tahun ajaran 2009/2010. Pembelajaran yang telah dilaksanakan tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa. Dengan rincian nilai rata-rata kelas merupakan kemampuan siswa yang digambarkan dengan kemampuan psikomotorik siswa diperoleh sebesar 72,12 pada akhir penelitian di atas indikator keberhasilan ≥70 dan presentase tuntas belajar sebesar 84,85%. Keaktifan siswa dalam pembelajaran juga berkategori baik sebesar 72,73 diatas indikator ≥70%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa menggunakan media visual dalam pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TGB II SMK Negeri 5 Semarang. Media visual dapat diterapkan pada mata pelajaran yang mempunyai struktur pemahaman yang cenderung sama sebagai salah satu alternatif model pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan, Media Visual, Hasil Belajar, Menggambar Konstruksi Kayu, Teknik Gambar Bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2011 06:01 |
Last Modified: | 18 Apr 2011 06:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1612 |
Actions (login required)
View Item |