Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Cooperative Learning tipe Think Pair Share dengan CD Pembelajaran siswa kelas III SDN Pakintelan 03 Semarang


Tegar Arenanda Misbachar , 1402408199 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Cooperative Learning tipe Think Pair Share dengan CD Pembelajaran siswa kelas III SDN Pakintelan 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Cooperative Learning tipe Think Pair Share dengan CD Pembelajaran siswa kelas III SDN Pakintelan 03 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Cooperative Learning tipe Think Pair Share dengan CD Pembelajaran siswa kelas III SDN Pakintelan 03 Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Hasil observasi di kelas III SDN Pakintelan 03 Semarang ditemukan beberapa permasalahan: pembelajaran berpusat pada guru, guru tidak mengajukan permasalahan yang membangun pengetahuan awal siswa, terjadi dominasi siswa dalam pembelajaran, media kurang interaktif, keterampilan guru dan aktivitas siswa belum optimal sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah melalui Cooperative Learning tipe TPS dengan CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang terdiri dari keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada pembelajaran matematika kelas III SDN Pakintelan 03 Semarang? Tujuan penelitian adalah meningkatkan kualitas pembelajaran, keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas III SDN Pakintelan 03 Semarang. Rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian terdiri dari dua siklus masing-masing siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan 26 siswa kelas III SDN Pakintelan 03 kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil observasi keterampilan guru siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 28 kategori baik, pertemuan 2 dengan skor 31 kategori baik. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh skor 33 kategori baik sekali dan meningkat pada pertemuan 2 dengan skor 36 kategori baik sekali. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan pada keterampilan guru. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 memperoleh skor rata-rata 10,25 kategori cukup, pertemuan 2 memperoleh skor 10,50 kategori cukup. Siklus II pertemuan 1 meningkat dengan skor rata-rata 14,63 kategori baik, pada pertemuan 2 kembali meningkat menjadi 16,50 kategori baik. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan pada aktivitas siswa. Ketuntasan belajar klasikal siklus I pertemuan 1 adalah 46,15%, pertemuan 2 meningkat menjadi 61,54%. Siklus II pertemuan 1 memperoleh 73,08% dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 84,62%. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan pada ketuntasan klasikal belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui cooperative learning tipe TPS dengan CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas III SDN Pakintelan 03 pada mata pelajaran matematika. Saran yang diberikan yaitu guru hendaknya menggunakan model inovatif dan media yang bervariasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Cooperative Learning tipe Think Pair Share, CD pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2012 02:27
Last Modified: 25 Oct 2012 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16116

Actions (login required)

View Item View Item