Kewirausahaan Masyarakat Melalui Desa Vokasi Di Desa Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang


Siska Saktyawati , 1201408029 (2012) Kewirausahaan Masyarakat Melalui Desa Vokasi Di Desa Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kewirausahaan Masyarakat Melalui Desa Vokasi Di Desa Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang] Microsoft Word (Kewirausahaan Masyarakat Melalui Desa Vokasi Di Desa Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Potensi yang ada di desa sangat melimpah namun belum diberdayakan secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat. Kementrian Pendidikan Nasional dalam hal ini, Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan, Direktorat Jenderal PAUDNI mencanangkan program desa vokasi yang bertujuan untuk mengembangkan sumberdaya manusia agar dapat melahirkan wirausahawan baru yang menghasilkan produk/jasa bernilai ekonomi tinggi, bersifat unik dan memiliki keunggulan komparatif dengan memanfaatkan potensi lokal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana profil kewirausahaan masyarakat di Desa Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang, 2) proses pembelajaran kewirausahaan, 3) proses pemasaran hasil usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan terdiri dari ketua desa vokasi, kepala Desa Gemawang, dan 10 orang dari kelompok usaha. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan metode. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini : 1) di Desa Gemawang terdapat 10 kelompok usaha, yang masing- masing memiliki keunggulan dan mendapatkan pendampingan secara rutin oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan P2PNFI Regional II Jawa Tengah. 2) kegiatan pembelajaran kewirausahaan dilaksanakan pada awal program desa vokasi, materi pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan warga belajar, metode pembelajaran menggunakan metode ceramah, praktik langsung dan tanya jawab. Media pembelajaran disesuaikan dengan jenis pelatihan. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan meliputi penilaian terhadap penguasaan teori dan praktek. Hasil belajar warga belajar mendapatkan keterampilan untuk membuka atau mengembangkan usaha. 3) pemasaran hasil usaha kelompok usaha menawarkan produk langsung kepada konsumen dan belum menjalin kerjasama dengan pihak atau instansi tertentu, pemasaran juga dilakukan melalui Galeri Gemawangi. Tindak lanjut yang dilakukan adalah membentuk kelompok usaha untuk melakukan kegiatan usaha. Saran yang disampaikan: menjalin kerjasama dengan pihak tertentu yang berkaitan dengan pemasaran hasil usaha untuk memperluas akses pasar, bagi pengurus desa vokasi memberikan motivasi dan pengawasan kepada kelompok usaha secara intensif, dan bagi kelompok usaha lebih inovatif dan kreatif dalam menciptakan produk baru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan, Desa Vokasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2012 01:45
Last Modified: 25 Oct 2012 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16107

Actions (login required)

View Item View Item