Penilaian Kualitas Buku Teks Pelajaran Geografi Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa SMA Kelas XI Di Kabupaten Temanggung


Eka Anjar Sari,, 3201408047 (2012) Penilaian Kualitas Buku Teks Pelajaran Geografi Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa SMA Kelas XI Di Kabupaten Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penilaian Kualitas Buku Teks Pelajaran Geografi Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa SMA Kelas XI Di Kabupaten Temanggung] Microsoft Word (Penilaian Kualitas Buku Teks Pelajaran Geografi Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa SMA Kelas XI Di Kabupaten Temanggung) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Buku teks pelajaran sebagai salah satu sumber belajar diharapkan memiliki sejumlah persyaratan agar dapat digunakan secara efektif. Pemerintah menunjuk Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagai badan yang bertanggung jawab mengembangkan instrumen penilaian buku teks yang baku untuk membedakan buku pelajaran yang baik dan kurang baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas buku teks yang meliputi komponen kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian, dan komponen kegrafikaan sebagai sumber belajar pada pelajaran geografi bagi siswa SMA kelas XI di Kabupaten Temanggung berdasarkan instrumen penilaian BSNP?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas buku teks yang meliputi komponen kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan pada pelajaran geografi bagi siswa SMA kelas XI di Kabupaten Temanggung berdasarkan instrumen penilaian BSNP. Buku teks pelajaran geografi yang digunakan sekolah untuk kelas XI SMA di Kabupaten Temanggung sangat bervariasi, yaitu sebanyak 20 buku teks. Ada 5 buku teks pelajaran geografi yang paling banyak digunakan SMA di Kabupaten Temanggung adalah buku A, B, C, D, dan buku E. Kelima buku tersebut menjadi buku yang dinilai dalam penelitian ini. Komponen buku teks pelajaran yang menjadi fokus penilaian dalam penelitian ini yaitu: (1) kelayakan isi, (2) kebahasaan, (3) penyajian, dan (4) kegrafikaan. Lembar penilaian disiapkan untuk diisi oleh peneliti untuk penilaian komponen-komponen tersebut. Penilaian ini dilakukan dengan menggunakan Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Geografi SMA/MA dari BSNP. Pada penilaian tahap I buku dinilai dengan menggunakan instrumen pertama yang memfokuskan pada kesesuaian SK dan KD, kelayakan penyajian, dan kesesuaian kegrafikaan. Buku dinilai kembali secara komprehensif dan mendalam pada keempat komponen buku yang dinilai (kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan) pada penilaian tahap II. Pada penilaian tahap II ini diperoleh hasil bahwa buku A memiliki kriteria sesuai untuk komponen kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian dengan persentase kesesuaian masing-masing 80,15%, 79,68%, dan 76,67%. Buku A mendapat kriteria sangat sesuai kegrafikaan dengan persentase 89,43%. Buku B memiliki kriteria sesuai pada komponen kelayakan isi dengan persentase 81,25%. Kriteria sangat sesuai dimiliki oleh buku B untuk komponen kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan dengan persentase kesesuaian masing-masing 87,5%, 88,33%, dan 93,31%. Buku C memiliki kriteria sangat sesuai untuk komponen penyajian dan kegrafikaan dengan persentase kesesuaian masing-masing 87,5% dan 86,06. Kriteria sesuai dimiliki oleh buku C pada komponen kelayakan isi dan kebahasaan dengan persentase masing-masing 85,15% dan 84,93%. Kriteria sesuai dimiliki oleh buku D pada komponen kelayakan isi dan penyajian dengan persentase kesesuaian masing-masing 80,62% dan 75,83%. Buku D memiliki kriteria sangat sesuai untuk komponen kebahasaan dan kegrafikaan dengan persentase masing-masing 90,62% dan 96,43%. Buku E memiliki kriteria sangat sesuai untuk seluruh komponen penilaian dengan persentase kesesuaian masing-masing 94,84% untuk komponen kelayakan isi, 93,75% untuk komponen kebahasaan, 93,91% untuk komponen penyajian, dan 93,93% untuk komponen kegrafikaan. Simpulan dari penelitian ini adalah diketahui bahwa buku A memiliki sesuai berdasarkan standar BSNP dengan persentase sebesar 82,37%. Buku B mendapatkan kriteria sesuai berdasarkan standar BSNP dengan persentase sebesar 84,68%. Buku C memiliki kriteria sangat sesuai berdasarkan standar BSNP dengan persentase sebesar 86,84%. Buku D mendapatkan kriteria sesuai berdasarkan standar BSNP dengan persentase sebesar 85,74%. Buku E memiliki kriteria sangat sesuai berdasarkan standar BSNP dengan persentase sebesar 94,14%. Saran yang dikemukakan adalah agar buku E digunakan sebagai sumber belajar yang utama bagi siswa SMA kelas XI di Kabupaten Temanggung. Guru dan pihak sekolah hendaknya lebih selektif dalam memilih buku sebagai sumber belajar siswa. Rekomendasi kepada Pemkab. Temanggung untuk mempertimbangkan dalam pengadaan buku pelajaran geografi kelas XI bahwa buku E karya Bambang Utoyo merupakan buku yang terbaik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks Pelajaran Geografi, Instrumen Penilaian Buu Teks, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 04:16
Last Modified: 24 Oct 2012 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16093

Actions (login required)

View Item View Item