Implementasi Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Geografi Materi Hidrosfer Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012


Muhammad Abror, , 3201408035 (2012) Implementasi Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Geografi Materi Hidrosfer Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Geografi Materi Hidrosfer Siswa Kelas VII  SMP Negeri 7 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012] Microsoft Word (Implementasi Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Geografi Materi Hidrosfer Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Pada umumnya pembelajaran yang dilakukan guru geografi masih berorientasi pada buku, seperti halnya dengan guru geografi di SMP Negeri 7 Semarang. Guru dalam kegiatan pembelajarannya menggunakan metode diskusi kelompok dan mengacu pada bahan ajar (LKS atau Buku Paket). Namun,, kenyataannya diskusi kelompok tidak berjalan dengan baik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana Implementasi Macromedia Flash sebagai media pembelajaran Geografi materi hidrosfer siswa kelas VII SMP Negeri 7 Semarang Tahun pelajaran 2011/2012. 2) Bagaimana hasil belajar dengan menggunakan media Macromedia Flash materi hidrosfer siswa kelas VII SMP Negeri 7 Semarang Tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui implementasi Macromedia Flash sebagai media pembelajaran Geografi materi hidrosfer siswa kelas VII SMP Negeri 7 Semarang Tahun pelajaran 2011/2012. 2) Untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan media Macromedia Flash materi hidrosfer siswa kelas VII SMP Negeri 7 Semarang Tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpul data dengan observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode uji perbedaan satu pihak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui penggunaan media Macromedia Flash sebagai media pembelajaran geografi efektif dalam memotivasi belajar siswa dan pengalaman yang diperoleh siswa lebih konkret. Hal ini didukung dengan data angket persepsi siswa mengenai penggunaan media Macromedia Flash, angket ini mencakup penggunaan media pembelajaran dan hasil menunjukkkan kriteria baik. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen nilai rata-rata kelas eksperimen 81,33 dan kelas kontrol 74,00. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut 1) Implementasi media Macromedia Flash pada pembelajaran geografi materi hidrosfer memberikan hasil yang baik. Aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran meningkat. 2)Pembelajaran menggunakan media Macromedia Flash memberikan hasil yang baik pada hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 81,33 dan kelas kontrol 74,00. Saran yang dapat diberikan yaitu: 1) Guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat menggunakan Media Macromedia Flash sebagai alternatif media pembelajaran. 2)Guru perlu diberi pelatihan tentang cara pembuatan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash supaya dapat menguasai media dengan cukup baik. 3)Pihak sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang memadai setiap kelas agar dapat menggunakan media Macromedia Flash

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash, Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 04:07
Last Modified: 24 Oct 2012 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16092

Actions (login required)

View Item View Item