Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengajar dan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Kragan Kabupaten Rembang Tahun 2011/2012


Sulistiawan, 3201407021 (2012) Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengajar dan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Kragan Kabupaten Rembang Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengajar dan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Kragan Kabupaten Rembang Tahun 2011/2012] Microsoft Word (Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengajar dan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Kragan Kabupaten Rembang Tahun 2011/2012) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal melalui wawancara dengan guru mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Kragan diperoleh informasi bahwa siswa pada saat mengikuti pelajaran dalam kondisi siap, keterampilan mengajar guru yang sudah baik, hal ini terlihat dari keterampilan guru pada saat mengajar. Kenyataannya masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM. Perumusan masalah penelitian ini adalah: (1) adakah pengaruh keterampilan guru dalam mengajar dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa?, (2) adakah keterampilan guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa?, (3) adakah pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa?, dan (4) seberapa besar pengaruh keterampilan guru dalam mengajar, dan kesiapan belajar siswa, terhadap hasil belajar belajar siswa?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) adanya pengaruh keterampilan guru dalam mengajar dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa (2) adanya pengaruh keterampilan guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa, (3) adanya pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, dan (5) besarnya pengaruh keterampilan guru dalam mengajar dan kesiapan belajar siswa, terhadap keaktifan belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kragan berjumlah 214 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 140 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 35.562 + 0,273X1 + 0,530X2. Uji F yang diperoleh Fhitung = 61.647, sehingga H1 diterima. Secara parsial (uji t) keterampilan guru dalam mengajar (X1) diperolehthitung = 5.007, sehingga H2 diterima. Variabel kesiapan belajar (X2) diperoleh thitung= 5.427, sehingga H3 diterima. Secara simultan (R2) keterampiln guru dalam mengajar, dan kesiapan belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 46,6%. Simpulan penelitian ini adalah keterampilan guru dalam mengajar dan kesiapan belajar siswa, berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Kesiapan belajar siswa (X2) mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar siswa (Y). Saran penelitian ini adalah guru hendaknya meningkatkan kembali kegiatan membuka dan menutup pelajaran. Siswa hendaknya meningkatkan pemahamannya terhadap pelajaran IPS terpadu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar, Kesiapan Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 02:41
Last Modified: 24 Oct 2012 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16088

Actions (login required)

View Item View Item