Perkembangan Ekonomi Dan Sosial Jemaat Gereja Batak Karo Perotestan (Kemenangan-Tani) Di Medan Tahun 1956-1998


Yesica Singarimbun, , 3150408018 (2012) Perkembangan Ekonomi Dan Sosial Jemaat Gereja Batak Karo Perotestan (Kemenangan-Tani) Di Medan Tahun 1956-1998. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perkembangan Ekonomi Dan Sosial Jemaat Gereja Batak Karo Perotestan (Kemenangan-Tani) Di Medan Tahun 1956-1998] Microsoft Word (Perkembangan Ekonomi Dan Sosial Jemaat Gereja Batak Karo Perotestan (Kemenangan-Tani) Di Medan Tahun 1956-1998) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Gereja itu adalah tubuh Kristus (Efesus 1:22-23). Gereja juga merupakan persekutuan orang percaya yang dikumpulkan oleh Kristus. Gereja Batak Karo Protestan Kemenangan Tani diresmikan pada tahun 1956. Sejarah perkembangan ekonomi dan sosial jemaat GBKP Kemenangan Tani banyak sekali mengalami peningkatan dari awal pembangunan sampai sekarang ini. Perkembangan dari segi ekonomi yaitu dengan masukkya koperasi simpan pinjam ke dalam gereja yang disebut dengan “CU” atau “Credit Union”. Dengan adanya Credit Union ini maka pada saat mulai krisis moneter pada tahun 1998 kehidupan ekonomi jemaat mulai terbantu. Walaupun gereja ini mengalami perkembangan tetapi sampai sekarang ini GBKP masih sangat identik dengan budaya adat istiadat suku Karo. Kehidupan sosial jemaat GBKP Kemenangan Tani pun masih juga menggunakan adat istiadat Karo karena ini merupakan salah satu cara melestarikan budaya kepada generasi muda agar tetap diingat dan dilestarikan. Bahasa yang digunakan pada saat beribadah juga menggunakan bahasa Karo, maka berdasarkan alasan tersebut penulis mengambil judul skripsi Perkembangan Ekonomi dan Sosial Jemaat Gereja Batak Karo Perotestan (Kemenangan-Tani) Di Medan Tahun 1956-1998. Berdasarkan latar belakang masalah yang ada timbul permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana sejarah berdirinya GBKP Kemenangan Tani? 2) Bagaimana perkembangan GBKP Kemenangan Tani? 3) Bagaimana kehidupan social dan ekonomi jemaat Gereja GBKP Kemenangan Tani tahun 1956-1998? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah berdirinya GBKP Kemenangan Tani, perkembangan GBKP Kemenangan Tani, kehidupan sosial dan ekonomi jemaat Gereja GBKP Kemenangan Tani tahun 1956-1998. Untuk merekonstruksi masa lampau dari objek yang diteliti ditempuh melalu suatu metode penelitian sejarah yang lazim disebut metode sejarah. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: heuristik, kritik sumber, interpretasi, historiografi. Sumber data peneliti mencari di Arsip Gereja GBKP Kemenangan Tani, Perpustakaan Wilayah Jawa Tengah, Perpustakaan UNNES, Perpustakaan Jurusan Sejarah UNNES, Perpustakaan Fakultas Ekonomi UNNES. Hasil yang dapat diambil adalah Sejarah pembangunan gereja GBKP Kemenangan Tani yaitu dimulai dari tahun 1950 penduduk mulai datang ke wilayah Kemenangan Tani untuk menggarap perkebunan. Penduduk ini berasal dari Tanah Karo, kemudian pada tahun 1956 gereja GBKP Kemenangan tani mulai terbentuk dan diresmikan. Mula-mula jemaat yang mengikuti ibadah masih sedikit kemudian setelah perkembangan zaman jemaat semakin bertambah sampai sekarang. Kehidupan sosial jemaat dari dahulu sampai sekarang masih mempertahankan nilai dan norma yang terkandung di dalam adat dan istiadat suku Karo. Gereja GBKP Kemenangan Tani membentuk sebuah organisasi simpan pinjam yang disebut dengan “Credit Union”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sosial, Ekonomi, GBKP Kemenangan-Tani
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 02:09
Last Modified: 24 Oct 2012 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16085

Actions (login required)

View Item View Item