Peranan Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Ke-Islaman Kemuhammadiyahan (Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Semarang) 2011/2012


Muhammad Burhan Hidayat,, 3101408056 (2012) Peranan Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Ke-Islaman Kemuhammadiyahan (Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Semarang) 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peranan Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Ke-Islaman Kemuhammadiyahan (Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Semarang) 2011/2012] Microsoft Word (Peranan Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Ke-Islaman Kemuhammadiyahan (Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Semarang) 2011/2012) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Sejatinya khittah dari didirikannya sekolah yang dikelola oleh Persyarikatan Muhammadiyah adalah membentuk insan-insan yang berkarakter, berakhlak mulia melalui penanaman nilai-nilai ke-Islaman. Oleh karena itu, sangatlah menarik untuk dilacak bagaimana penanaman nilai-nilai karakter Islam sebagaimana dijelaskan di atas dapat diterapkan dalam sebuah proses pembelajaran sejarah di sekolah Muhammadiyah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui upaya guru sejarah dalam menanamkan nilai-nilai karakter Ke-Islaman Ke-Muhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. (2) Mengetahui hambatan-hambatan guru sejarah dalam menerapkan nilai-nilai karakter ke-Islaman Ke- Muhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Penelitian ini mengambil batasan SMA Muhammadiyah 1 Kota Semarang karena merupakan salah satu SMA Islam yang baik di daerah Kota Semarang. Lebih tepatnya berada di Jl. Tentara Pelajar No.91 Desa Jomblang Kecamatan Candisari Kota Semarang. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Guru sejarah dalam upaya menanamkan nilai-nilai karakter Ke-Islaman Ke-Muhammadiyahan di sekolah senantiasa menekankan pada pendekatan aspek amaliah yang mengedepankan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik itu sendiri. Hal ini sesuai dengan anjuran dari pendiri Muhammadiyah yaitu KH. Ahmad Dahlan. Pandangan itu juga sejalan dengan “motto” Muhammadiyah yakni “Sedikit Bicara Banyak Kerja”. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kegiatan pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Semarang sangat sejalan dan mencerminkan nilai-nilai karakter sebagaimana tercantum dalam butir-butir nilai-nila karakter yang telah ditetapkan oleh kurikulum pendidikan nasional. Selain itu karakter dan kepribadian Muhammadiyah sangat sejalan dengan nilai-nilai budaya bangsa. Nilai-nilai budaya bangsa yang telah ada sejak nenek moyang bangsa Indonesia diantaranya adalah: gotong royong, persatuan, cinta tanah air serta kepedulian lingkungan dan sosial disamping nilai religiusitas yang sangat dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru Sejarah, Penanaman, Karakter Ke-Islaman Ke-Muhammadiyahan
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 01:58
Last Modified: 24 Oct 2012 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16082

Actions (login required)

View Item View Item