Pengaruh Implementasi Metode Resitasi dalam Proses Pembelajaran Sejarah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS RSMABI Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Nurul Hawa, 3101408043 (2012) Pengaruh Implementasi Metode Resitasi dalam Proses Pembelajaran Sejarah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS RSMABI Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Implementasi Metode Resitasi dalam Proses Pembelajaran Sejarah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS RSMABI Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Metode resitasi (penugasan) adalah metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode resitasi pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS RSMABI Negeri 1 Pemalang tahun pelajaran 2011/2012?,(2)bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS RSMABI Negeri 1 Pemalang tahun pelajaran 2011/2012?, (3)adakah pengaruh implementasi metode resitasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS RSMABI Negeri 1 Pemalang tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI Program IPS RSMABI Negeri 1 Pemalang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 105 siswa terbagi dalam 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini di ambil secara acak dengan menggunakan rumus Solvin dengan persen kelonggaran ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sampel adalah 5 %, sehingga diperoleh sampel sebanyak 83 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah Implementasi Metode Resitasi dan Prestasi Belajar. Metode Pengumpulan Data menggunakan angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif persantese dan Regresi. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukan bahwa variabel implementasi metode resitasi tergolong cukup baik dengan persentase sebesar 66,07%. Prestasi Belajar pada mata pelajaran sejarah dari deskripsi data diperoleh rata-rata sebesar 76,11 dan termasuk dalam Kriteria tuntas berdasarkan nilai KKM yang ditentuakan yaitu 75, persentase sebesar 55,42%. Berdasarkan analisis data yang menggunakan persamaan regresi linear sederhana diperoleh persamaan Ŷ = 37,807 + 0,426 X dan uji keberartian persamaan regeresi dengan uji F diperoleh Fhitung = 82,02 > Ftabel = 3,959, hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antar implementasi metode resitasi terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 50,31%. Dari simpulan tersebut disarankan, guru hendaknya perlu menerapkan metode resitasi dengan lebih baik lagi agar pembelajaran sejarah lebih efektif serta mengadakan pengajaran ulang atau remedial bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Resitasi, Prestasi Belajar |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LA History of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Oct 2012 01:54 |
Last Modified: | 24 Oct 2012 01:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16081 |
Actions (login required)
View Item |