Interaksi Sosial Komunitas Cina Benteng Tangerang Pada Masa Orde Baru Tahun 1967-1998.


Nur Irma,, 3150408005 (2012) Interaksi Sosial Komunitas Cina Benteng Tangerang Pada Masa Orde Baru Tahun 1967-1998. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Interaksi Sosial Komunitas Cina Benteng Tangerang Pada Masa Orde Baru Tahun 1967-1998.] Microsoft Word (. Interaksi Sosial Komunitas Cina Benteng Tangerang Pada Masa Orde Baru Tahun 1967-1998.) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Tangerang merupakan daerah yang mempunyai jumlah penduduk Etnis Cina terbesar di Indonesia. Komunitas Etnis Cina di Tangerang disebut juga Cina Benteng, karena mendiami sepanjang daerah bekas Benteng Belanda yaitu Benteng Makassar. Kehidupan sosial Komunitas Cina Benteng telah mengalami akulturasi kebudayaan dengan Komunitas lokal (Betawi dan Sunda) di Tangerang, seperti akulturasi dalam kawin campur (integrasi), bahasa, kesenian, dan upacara-upacara keagamaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Latar Belakang Sejarah Munculnya Pemukiman Etnis Cina di Tangerang, Bagaimana Perkembangan Etnis Cina Peranakan di Tangerang Tahun 1967-1998, Bagaimana Interaksi Pemerintah Orde Baru Terhadap Etnis Cina di Tangerang. Dalam penyusunan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian sejarah (Historical Method). Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Metode sejarah adalah proses menguji dan menganalisa secara kritis rekaman dan peninggalan masa lampau (Gottschalk, 1985:32). Menurut Gottschalk ada 4 (empat) langkah kegiatan dalam prosedur penelitian sejarah, yaitu: (1) heuristik, (2) kritik sumber, (3) interpretasi, dan (4) historiografi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam segi ekonomi, komunitas Cina Benteng di Tangerang dapat dikatakan hidup digaris kemiskinan. Pekerjaan yang mereka geluti yaitu tukang becak, buruh tani, buruh pabrik, petani, nelayan, dan pedagang kelontong. Pendapatan yang mereka terima dari pekerjaan tersebut sangat minim, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup. Namun, mereka tidak pantang menyerah dalam mempertahankan hidup, untuk memenuhi kebutuhan yang ada menyambi sebagai penyanyi dan awak dala seni gambang kromong. Kehidupan komunitas Cina Benteng yang sulit semakin terpuruk saat pemerintahan Orde Baru. Kebijakan-kebijakan yang bersifat mendisriminasikan Etnis Cina mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi Komunitas Cina Benteng.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Etnis Cina, Sosial Pada Masa Orde Baru, Tangerang.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 01:50
Last Modified: 24 Oct 2012 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16080

Actions (login required)

View Item View Item