Pembelajaran Drum Band di Taman Kanak-kanak Rosellana Pecangaan Kulon Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara


Ahmadun Nafix, 2503408052 (2012) Pembelajaran Drum Band di Taman Kanak-kanak Rosellana Pecangaan Kulon Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Drum Band di Taman Kanak-kanak Rosellana Pecangaan Kulon Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara] Microsoft Word (Pembelajaran Drum Band di Taman Kanak-kanak Rosellana Pecangaan Kulon Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Perkembangan drum band di kalangan pendidikan merupakan daya tarik tersendiri bagi para siswa, sejak dini drum band diperkenalkan di lingkungan taman kanan-kanak (TK). Salah satunya adalah TK Rosellana Pecangaan Kulon Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Kelompok drum band yang sudah banyak memperoleh penghargaan diberbagai ajang perlombaan ini merupakan salah satu drum band terbaik di kalangan taman kanak-kanak. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimana pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran drum band di TK Rosellana Pecangaan Kulon Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pembelajaran drum band di TK Rosellana. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat dijadikan sumbang pemikiran dan referensi bagi lembaga pendidikan tinggi Universitas Negeri Semarang, dapat menambah wawasan bagi guru dan peneliti dalam pembelajaran drum band bagi anak usia TK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menguraikan mengenai pembelajaran drum band di TK Rosellana dan faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu proses pembelajaran tidak terlepas dari sarana prasarana, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. Sarana prasarana yang digunakan dalam pembelajaran drum band di TK Rosellana meliputi snare drum, trio tom, bass drum, dan marching bell. Proses pembelajaran diawali dengan pemanasan yang bertujuan untuk melemaskan tangan anak-anak, kemudian memasuki materi pembelajaran. Materi yang diberikan saat ini adalah lagu “Assalamualaikum”, sebuah lagu yang mengajarkan anak bagaimana tata cara mengucapkan salam dan menjawab salam apabila kita bertemu dengan seseorang. Setelah proses pembelajaran berlangsung, untuk selanjutnya akan dilakukan evaluasi, evaluasi dilakukan dengan melihat sejauh mana perkembangan masing-masing siswa dalam penguasaan materi, baik dalam memainkan alat, penguasaan lagu dan gerak lagu, serta keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan adalah kepada kepala TK Rosellana Pecangaan Kulon agar lebih meningkatkan pembelajaran drum band di TK Rosellana, dan bagi pelatih drum band TK Rosellana agar semakin kreatif dalam memberikan materi kepada siswa, baik dari pola iringan maupun pemilihan lagu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Musik Drum band
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 00:51
Last Modified: 24 Oct 2012 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16075

Actions (login required)

View Item View Item