Proses Produksi Kendang Jaipong Bapak Suliyo di Desa Tobo Kecamatan Jati Kabupaten Blora


Pramono, 2503408051 (2012) Proses Produksi Kendang Jaipong Bapak Suliyo di Desa Tobo Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Proses Produksi Kendang Jaipong Bapak Suliyo di Desa Tobo Kecamatan Jati Kabupaten Blora] Microsoft Word (Proses Produksi Kendang Jaipong Bapak Suliyo di Desa Tobo Kecamatan Jati Kabupaten Blora) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Latar belakang penulis mengambil tema Proses Produksi Kendang Jaipong sebagai kajian dalam penelitian ini adalah keistimewaan kendang jaipong yang memiliki karakteristik bunyi yang dapat berubah-ubah sesuai keiginan hati para pemain kendang jaipong. Berdasarkan kenyataan bahwa kebutuhan akan kendang jaipong semakin meningkat banyaknya musik dangdut sekarang yang menggunakan kendang jaipong. Pemain kendang jaipong banyak yang suka dengan kendang jaipong produksi Bapak Suliyo karena bunyi yang dihasilkan dapat diatur sesuai dengan selera. Hal tersebut yang membuat Produksi Kendang Jaipong Bapak Suliyo lebih dikenal oleh kalangan seniman kendang jaipong di Kabupaten Blora. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimanakah Proses Produksi Kendang Jaipong Bapak Suliyo di Desa Tobo Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses dalam pembuatan Kendang Jaipong. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis data interaktif, yang dibagi dalam tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses produksi Kendang Jaipong dikaji secara tekstual, terdiri dari bahan dasar dan proses pembuatan Kendang Jaipong. Dari segi bahan dasar, Kendang Jaipong terbuat dari bahan dasar kayu dan kulit hewan yaitu sapi, kerbau dan kambing.. Sedangkan dari segi proses pembuatan Kendang Jaipong meliputi prapembuatan kendang jaipong, pembuatan kendang jaipong dan pasca pembuatan Kendang Jaipong. Prapembuatan yaitu mempersiapkan alat yang akan digunakan dalam proses pembuatan kendang jaipong. Pembuatan kendang jaipong meliputi pengolahan bahan kayu yaitu pembentukan desain, pembentukan sisi luar, pembentukan sisi dalam, akhir pengolahan bahan kayu. Pengolahan bahan bahan kulit yaitu pengeringan kulit, pengerokan bulu. Kemudian membuat soh, janget, bentong dan jagrak untuk kendang jaipong. Selanjutnya bahan dan perlengkapan kendang jaipong dapat dirakit menjadi kendang jaipong. Pasca pembuatan yaitu penyeteman kendang jaipong yang siap digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan adalah Kepada Bapak Suliyo selaku pemimpin produksi kedang jaipong di Desa Tobo Kecamatan Jati Kabupaten Blora untuk lebih mengembangkan produksinya dan peralatan yang digunakan terutama alat pada mesin bubut harus memperhitungkan keselamatan bagi Bapak Suliyo maupun karyawan sehingga dalam proses pengerjaan kendang jaipong dapat tenang dan nyaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Produksi Kendang Jaipong
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 00:48
Last Modified: 24 Oct 2012 00:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16074

Actions (login required)

View Item View Item