Implementasi Metode Pendekatan Kognitif Dalam Pembelajaran Ekstrakulikuler Paduan Suara Di SMP N 2 Kendal


Ayugi Destiannisa, , 2503407073 (2012) Implementasi Metode Pendekatan Kognitif Dalam Pembelajaran Ekstrakulikuler Paduan Suara Di SMP N 2 Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Metode Pendekatan Kognitif Dalam Pembelajaran Ekstrakulikuler Paduan Suara Di SMP N 2 Kendal] Microsoft Word (Implementasi Metode Pendekatan Kognitif Dalam Pembelajaran Ekstrakulikuler Paduan Suara Di SMP N 2 Kendal) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran yang di duga berpengaruh terhadap baik buruknya hasil pembelajaran kelak. Peran pembimbing ataupun pelatih dalam suatu kegiatan non formal seperti ekstrakulikuler paduan suara menggunakan pendekatan dalam pembelajaran yang tepat kepada siswa yang mengikuti agar dapat mencapai tujuansecara efektif, efisien, dan kondusif sesuai dengan yang diharapkan. Perlu diketahui permasalahan yang dapat dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan metode pendekatan kognitif dalam pembelajaran ektrakulikuler paduan suara di SMP N 2 Kendal?” dan “ Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode pendekatan kognitif dalam pembelajaran ekstrakulikuler paduan suara di SMP N 2 Kendal?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan metode pendekatan kognitif dalam pembelajaran ekstrakulikuler paduan suara di SMP N 2 Kendal serta untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat dalam menerapkan metode pendekatan kognitif dalam pembelajaran ekstrakulikuler paduan suara di SMP N 2 kendal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif tentang “ Implementasi Metode Pendekatan Kognitif dalam pembelajaran Paduan Suara di SMP N 2 kendal”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan di olah dan kemudian di seleksi atas dasar keabsahan data. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan atau aplikasi metode pendekatan kognitif dalam pembelajaran ekstrakulikulerpaduan suara di SMP N 2 Kendal adalah melalui tahapan – tahapan seperti, (1) Persepsi, (2) Perhatian, (3) Bahasa, (4) Materi pembelajaran ekstrakulikuler paduan suara, (5) Ingatan, (6) Imajeri, (7) Penalaran, (8) Pemecahan Masalah. Terkait dengan hasil penelitian tersebut, penulis memberikan saran agar (1) Pembelajaran ekstrakulikuler paduan suara dengan pendekatan kognitif di SMP N 2 Kendal perlu di pertahankan, (2) Perlu adanya jadwal yang berbeda antara siswa yang baru saja mengikuti ekstrakulikuler paduan suara dengan yang sudah dibentuk menjadi tim padua suara untuk perwakilan lomba, (3) Disediakannya ruangan khusus untuk pembelajaran ekstrakulikuler paduan suara untuk mendukung kenyamanan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Pendekatan Kognitif Dalam Pembelajaran Ekstrakulikuler Paduan Suara
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Oct 2012 02:21
Last Modified: 23 Oct 2012 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16070

Actions (login required)

View Item View Item