Apresiasi Siswa SMP Negeri 4 Pemalang Terhadap Lagu-lagu Daerah


Deden Prastyo, 2503407058 (2012) Apresiasi Siswa SMP Negeri 4 Pemalang Terhadap Lagu-lagu Daerah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Apresiasi Siswa SMP Negeri 4 Pemalang Terhadap Lagu-lagu Daerah] Microsoft Word (Apresiasi Siswa SMP Negeri 4 Pemalang Terhadap Lagu-lagu Daerah) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

SMP Negeri 4 Pemalang sebagaimana sekolah menengah pertama pada umumnya merupakan wadah pembentukan dan pengembangan peserta didik idealnya usia 12-15 tahun, pembentukan dan pengembangan itu melalui kegiatan-kegiatan pengajaran dan pembelajaran yang diselenggarakan didalamnya. Salah satu pengajaran dan pembelajaran yang diberikan adalah pendidikan seni musik, yang ini merupakan wujud dari pengembangan pribadi peserta didik. Sebagaimana dimaksud. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apresiasi Siswa SMP Negeri 4 Pemalang Terhadap Lagu-lagu Daerah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Apresiasi Siswa SMP Negeri 4 Pemalang terhadap Lagu-lagu Daerah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 4 Pemalang, dengan sasaran penelitian tentang Apresiasi Siswa SMP Negeri 4 Pemalang Terhadap Lagu-lagu Daerah. Tahapan apresiasi yang dilaksanakan meliputi proses mendengarkan, memahami, menghayati dan menilai untuk mencapai pengembangan terhadap lgu-lagu daerah khususnya lagu Lir ilir dan Gambang Suling. Tehnik pengumpulan data meliputi tehnik dokumentasi, observasi dan wawancara. Tehnik analisis data menggunakan model analisis interaktif mencakup reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa Apresiasi Siswa SMP Negeri 4 Pemalang Terhadap Lagu-lagu Daerah adalah tinggi. Dilihat melalui proses mendengarkan, menghayati, memahami, menilai yang digunakan untuk melihat bagaimana siswa menghargai lagu tersebut. Berpijak dari hasil penelitian dapat disimpulakan (1) Hasil pengamatan, apresiasi siswa SMP Negeri 4 Pemalang terhadap lagu Lir Ilir ciptaan Sunan Kalijaga dan Gambang Suling ciptaan Ki Nartosabdo termasuk dalam kategori tinggi, lagu ini merupakan kekayaan budaya yang dimiliki oleh daerah Jawa Tengah dan perlu untuk dilestarikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberi saran bahwa kepala sekolah menyediakan buku-buku musik dan sejarah musik diperpustakaan yang masih jarang, sedikit demi sedikit bertambah, agar memberi kemudahan kepada siswa dalam mempelajari latar belakang pencipta sebuah lagu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Apresiasi musik
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Oct 2012 01:43
Last Modified: 23 Oct 2012 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16069

Actions (login required)

View Item View Item