Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Rebana Di SMP Muhammadiyah Jambu Ambarawa Kabupaten Semarang


Rahayu Ariyani, 2503406535 (2012) Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Rebana Di SMP Muhammadiyah Jambu Ambarawa Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Rebana Di SMP Muhammadiyah Jambu Ambarawa Kabupaten Semarang] Microsoft Word (Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Rebana Di SMP Muhammadiyah Jambu Ambarawa Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Keanekaragaman kesenian tradisional yang ada di indonesia memiliki perbedaan corak, gaya, serta ciri khas yang merupakan kekayaan budaya yang pantas untuk dibanggakan. Musik tradisional rebana di SMP Muhammadiyah Jambu Ambarawa, merupakan salah satu bentuk kesenian yang memiliki corak dan gaya yang khas yang perlu dilestarikan dan dikembangkan keberadaannya. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah:Pembelajaran seni rebana di SMP Muhammadiyah Jambu Ambarawa Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perkembangan seni rebana melalui pembelajaran ekstrakurikuler di SMP Muhammadiyah Jambu Ambarawa. Manfaat dari penelitian ini adalah: sebagai sarana investasi dan sumbangan tulisan dalam memperkaya khasanah kesenian islami, memberi masukan bagi kelompok seni Rebana di SMP Muhammadiyah Jambu Ambarawa agar dapat menjadikan landasan untuk tetap mempertahankan dan melestarikan kesenian islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menguraikan kejadian-kejadian berdasarkan data, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Objek penelitian ini adalah seni rebana yang ada di SMP Muhammadiyah Jambu Ambarawa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif, terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, seni rebana adalah salah satu kesenian rakyat yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat, sekarang kesenian rebana berkembang di SMP Muhammadiyah Jambu Ambarawa. Kesenian dinamakan kesenian rebana, karena alat pengiringnya atau instrumennya terdiri dari beberapa buah rebana atau terbang. Rebana adalah suatu jenis alat musik yang sumbernya dari sehelai kulit atau mika yang direntangkan pada sebuah bingkai berbentuk bundar, di bagian belakangnya berongga sebagai wadah gemanya. Di bagian bingkainyadiberi kepingan logam yaitu lempengan logam kuningan yang ikut berbunyi bila rebana tersebut dimainkan atau dibunyikan. Berdasarkan penelitian tersebut, simpulan yang bisa diambil bahwa kesenian rebana yang pada awalnya sebagai sarana dakwah untuk penyebaran agama islam saja sekarang berkembang lebih luas sebagai sarana hiburan dengan lagu-lagu yang menarik mengikuti jaman. Saran dari penelitian ini adalah supaya Kesenian rebana tetap dipertahankan dan dilestarikan, mengingat Kesenian Rebana mempunyai peranan penting untuk sarana dakwah, dan sarana hiburan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Rebana
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Oct 2012 01:34
Last Modified: 23 Oct 2012 01:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16066

Actions (login required)

View Item View Item