Papan Bermain Sebagai Media Pembelajaran Apresiasi Ragam Hias Nusantara bagi Siswa Kelas VA SD Negeri 1 Babakan Purbalingga


Imam Nofianto, 2401408027 (2012) Papan Bermain Sebagai Media Pembelajaran Apresiasi Ragam Hias Nusantara bagi Siswa Kelas VA SD Negeri 1 Babakan Purbalingga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Papan Bermain Sebagai Media Pembelajaran Apresiasi Ragam Hias Nusantara bagi Siswa Kelas VA SD Negeri 1 Babakan Purbalingga] Microsoft Word (Papan Bermain Sebagai Media Pembelajaran Apresiasi Ragam Hias Nusantara bagi Siswa Kelas VA SD Negeri 1 Babakan Purbalingga) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pembelajaran seni rupa di sekolah dasar dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna dengan pemanfaatan berbagai macam media sebagai bentuk pengembangan media pembelajaran seni rupa. Salah satu upaya pengembangan media pembelajaran adalah dengan memanfaatkan papan bermain sebagai media pembelajaran apresiasi ragam hias Nusantara di SD Negeri 1 Babakan Purbalingga. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Wujud papan bermain yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran apresiasi ragam hias Nusantara bagi siswa kelas VA SD Negeri 1 Babakan Purbalingga, (2) Penggunaan papan bermain sebagai media pembelajaran apresiasi ragam hias Nusantara bagi siswa kelas VA SD Negeri 1 Babakan Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan permasalahan tersebut. Manfaat penelitian ini: dapat dijadikan acuan alternatif penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran apresiasi dan dapat digunakan sebagai bahan informasi mengenai penggunaan papan bermain sebagai media pembelajaran apresiasi ragam hias Nusantara. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development. Prosedur pengembangan yang diterapkan meliputi; (1) survei pendahuluan ke sekolah, (2) pengamatan sebelum perlakuan, (3) pengamatan terfokus 1, (4) evaluasi dan rekomendasi, (5) pengamatan terfokus 2, dan (6) evaluasi dan rekomendasi atau hasil. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi terkendali dengan didukung wawancara, angket dan dokumentasi foto. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa wujud papan bermain yang digunakan pada pembelajaran apresiasi ragam hias Nusantara: papan utama, kartu pertanyaan dan kartu bergambar, pion, dan dadu bernomor. Nilai rata-rata dari 26 siswa pada pengamatan terfokus 1 mencapai 79,69 kategori cukup, dengan hasil skor dari pengamatan terfokus 1 sampai pengamatan terfokus 2 mengalami peningkatan sebesar 9,65%, yakni dari nilai 79,69-87,38 kategori baik. Saran bagi guru, yakni menggunakan papan bermain sebagai media pembelajaran apresiasi ragam hias Nusantara, memaksimalkan waktu dalam menggunakan media papan bermain. Bagi sekolah, hendaknya berupaya menyediakan alternatif media pembelajaran salah satunya dengan menggunakan papan bermain sebagai media pembelajaran apresiasi ragam hias Nusantara, menaikkan KKM pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan yang dirasa masih terlalu rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Papan Bermain, Apresiasi, Ragam Hias Nusantara, Media Pembelajaran.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Oct 2012 00:32
Last Modified: 22 Oct 2012 00:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16057

Actions (login required)

View Item View Item