Kompetensi Kreatif Siswa SMP N 1 Limbangan Dalam Berkarya Seni Grafis Cetak Saring


Fatkhul Hasan, 2401405032 (2012) Kompetensi Kreatif Siswa SMP N 1 Limbangan Dalam Berkarya Seni Grafis Cetak Saring. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kompetensi Kreatif Siswa SMP N 1 Limbangan Dalam Berkarya Seni Grafis Cetak Saring] Microsoft Word (Kompetensi Kreatif Siswa SMP N 1 Limbangan Dalam Berkarya Seni Grafis Cetak Saring) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Kreativitas penting dalam kehidupan manusia dalam rangka mengoptimalkan kemampuan diri sehingga mampu memecahkan masalah dengan baik. Setiap orang memiliki kreativitas yang berbeda-beda dan perkembangannya dipengaruhi faktor lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan seni. Pendidikan seni diterapkan di Sekolah melalui mata pelajaran seni budaya yang terdiri atas 4 (empat) bidang yakni: seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater.Pembelajaran seni grafis cetak saring/ sablon dapat dijadikan wadah siswa untuk mengekspresikan idenya dalam membuat karya seni rupa yang unik dan kreatif. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana proses pembelajaran seni grafis cetak saring dalam mengembangkan kompetensi kreatif siswa SMP N 1 Limbangan, Bagaimana kompetensi kreatif siswa SMP N 1 Limbangan dalam berkarya seni grafis cetak saring, serta Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan kompetensi kreatif siswa SMP N 1 Limbangan dalam berkarya seni grafis cetak saring. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi yang dipilih peneliti dalam penelitian ini adalah SMP N 1 Limbangan. Sasaran penelitian ini adalah kompetensi kreatif siswa SMP N 1 Limbangan dalam berkarya seni grafis cetak saring. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Limbangan kelas III B. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran seni grafis dengan teknik cetak saring berjalan dengan lancar. Hal ini ditandai dengan terkumpulnya ke 32 karya siswa dengan hasil yang cukup memuaskan. Nilai rata-rata kelas yang mencapai 80 tergolong dalam nilai kategori bagus. Dalam mengajar, guru melakukan tugasnya sebagai pengajar dan pembimbing dengan baik. Pembelajaran seni grafis dengan teknik cetak saring melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode yang digunakan guru dalam mengajar bervariasi, yaitu ceramah, tanya jawab, demonstrasi, serta pemberian tugas. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran seni grafis cetak saring di antaranya adalah minat dan motivasi, pengalaman siswa, sarana dan prasarana yang menunjang. Sekolah hendaknya melengkapi sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran seni rupa agar pembelajaran seni rupa dan kompetensi kreatif siswa di SMP N 1 Limbangan dapat lebih berkembang dengan fasilitas yang ada serta mengadakan pameran hasil karya siswa berdasarkan SKKD yang ditetapkan agar siswa lebih termotivasi dalam berkarya seni.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi kreatif, seni grafis, cetak saring.
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Oct 2012 00:24
Last Modified: 22 Oct 2012 00:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16054

Actions (login required)

View Item View Item