Analisis Makna dan Fukugoudoushi yang Terbentuk dari verba Hiku


Iin Sri. Mutiara, , 2302408052 (2012) Analisis Makna dan Fukugoudoushi yang Terbentuk dari verba Hiku. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Makna dan Fukugoudoushi yang Terbentuk dari verba Hiku] Microsoft Word (Analisis Makna dan Fukugoudoushi yang Terbentuk dari verba Hiku) - Published Version
Download (22kB)

Abstract

Dalam bahasa Jepang ada fukugoudoushi (verba majemuk) yaitu verba yang terbentuk dari dua buah kata tersebut secara keseluruhan dianggap sebagai satu kata (Terada dalam Sudjianto, 2007:150). Menurut Matsumura fukugoudoushi yang terbentuk dari verba hiku~ ada 25. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Morita, jumlah fukugoudoushi hiku~ menduduki urutan yang ke-4 setelah fukugoudoushi miru~, fukugoudoushi toru~, fukugoudoushi iu~. Makna yang dihasilkan dari fukugoudoushi hiku~ lebih bervariasi dibandingkan makna fukugoudoushi miru~, fukugoudoushi toru~, fukugoudoushi iu~. Hasil pembentukan makna fukugoudoushi hiku~ tersebut bisa menimbulkan penumpukan makna pada salah satu verba pembentuk fukugoudoushi, selain itu bisa juga terbentuk makna baru yang dihasilkan dari penggabungan makna verba hiku dan verba lainnya. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui proses dari pembentukkan makna fukugoudoushi hiku~. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk: 1) mendeskripsikan pembentukan makna fukugoudoushi yang terbentuk dari verba hiku~ 2) mengklasifikasi fukugoudoushi yang terbentuk dari verba hiku~ ditinjau dari unsur depan pembentuk fukugoudoushi. Sumber data diambil dari website en.glosbe.com, dic.yahoo.co.id, ejje.weblio.jp dan dictionary.goo.ne.jp. Objek data dalam penelitian ini adalah kalimat-kalimat yang mengandung fukugoudoushi hiku~ yang terdapat pada sumber data. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, karena menggunakan data dari sumber tertulis.Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik bagi unsur langsung. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah: 1) Membagi fukugoudoushi yang terbentuk dari verba hiku~ menjadi unsur depan dan unsur belakang 2) Mencari makna dasar dari masing-masing unsur pembentuk fukugoudoushi 3) Menganalisis makna baru yang dihasilkan dari penggabungan verba hiku dengan verba yang lainnya. Berdasarkan hasil dari analisis data, dapat diketahui proses pembentukan makna fukugoudoushi yang terbentuk dari verba hiku~. Dalam proses tersebut verba hiku mempunyai fungsi yaitu menyatakan tindakan dari verba yang mengikutinya, menunjukkan makna yang utama dan menguatkan makna verba yang mengikutinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Makna, Pembentukan, Fukugoudoushi, Verba hiku
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2012 03:06
Last Modified: 19 Oct 2012 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16044

Actions (login required)

View Item View Item