Analisis Penggunaan Kata Tugas demo dalam Kalimat Bahasa Jepang.


T. Yunita Endrasari,, 2302407032 (2012) Analisis Penggunaan Kata Tugas demo dalam Kalimat Bahasa Jepang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Penggunaan Kata Tugas demo dalam Kalimat Bahasa Jepang.] Microsoft Word (Analisis Penggunaan Kata Tugas demo dalam Kalimat Bahasa Jepang.) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Penggunaan partikel dan konjungsi tidak pernah lepas dalam komunikasi sehari-hari, baik secara lisan maupun tulisan. Partikel dalam bahasa Jepang disebut joshi, sedangkan konjungsi disebut dengan setsuzokushi. Dalam bahasa Indonesia, partikel dan konjungsi disebut kata tugas.Salah satu diantaranya adalah kata tugasdemo.Selain pemakaiannya dalam bentuk lisan, sering dijumpai pula dalam bentuk tertulis seperti media massa, lagu, dan komik. Sebagai contoh adalah komik bahasa Jepang, berbagai macam partikel dan konjungsi terdapat di dalamnya karena pada umumnya percakapan dalam komik adalah tuturan yang biasa digunakan sehari-hari. Salah satu komik yang cukup populer diIndonesia adalah komik Detektif Conanatau dalam versi bahasa Jepang berjudul Meitantei Konan. Hal tersebut melatarbelakangi pemilihan sumber data mengenai“Analisis Penggunaan Kata Tugas demo dalam Kalimat Bahasa Jepang.” Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan kata tugasdemo sehingga dapat diketahui fungsi dan makna tuturan yang terdapat dalam komik berjudul Meitantei Konan vol.62yang menggunakan kata tugas demo tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalahtuturan yang menggunakan kata tugas demo dalam sumber data berupa komikMeitantei Konan vol.62.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, yaitu data-data dikumpulkan dari sumber data yang akan diteliti. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah teknik pilah unsur penentu. Kata tugas demo yang terdapat dalam sumber data berjumlah 25 data tuturan. Data tersebut dikelompokkansesuai dengan kelas katanya, sehingga terdapat 19 data tuturan yang termasuk dalam kelas setsuzokushiyaitu kelas kata yang berfungsi sebagai penghubung dan 6data tuturan yang masuk dalam kelasfukujoshiyang berfungsi sebagai partikel untuk menyatakan tidakadanyaketerbatasan, untuk menunjukkan saran dari beberapa pilihan, untuk menyatakan suatu kepastian dan untuk memberi kesan penekanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kalimat bahasa Jepang, Demo
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2012 03:00
Last Modified: 19 Oct 2012 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16042

Actions (login required)

View Item View Item