Efektivitas Penggunaan Media Permainan Bingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang


Ian Maya Suryana, , 2302406018 (2012) Efektivitas Penggunaan Media Permainan Bingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Permainan Bingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang] Microsoft Word (Efektivitas Penggunaan Media Permainan Bingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Kosakata merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa Jepang. Oleh karena itu, dengan kosakata dapat menunjang empat penguasaan berbahasa yaitu, mendengar (聞く), berbicara (話す), membaca (読む), dan menulis (書く). Dilapangan banyak guru yang mengajar kosakata dengan cara yang tidak menarik sehingga siswa kurang termotivasi. Penggunaan media pengajaran yang menarik akan mempengaruhi motivasi siswa dalam proses pembelajaran kosakata secara aktif. Keaktifan siswa dengan berperan langsung ketika penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Jepang akan membuat siswa lebih mudah mengingat dan menghafal kosakata yang diajarkan. Berdasarkan alasan tersebut peneliti bermaksud meneliti efektivitas penggunaan media Permaianan Bingo dalam meningkatkan penguasaann kosakata bahasa Jepang kelas XII SMA Negeri 1 Tengaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Permainan Bingo dalam meningkatkan penguasaann kosakata bahasa Jepang SMA Negeri 1 Tengaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini juga merupakan penelitian komparasi yang membandingkan hasil pembelajaran kosakata yang mengunakan media Permainan Bingo dengan media lain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tengaran. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan metode tes. validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas instrumen penelitian menggunakan rumus K-R 20. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan rumus T-test. Analisa hasil tes menunjukkan bahwa hasil perhitungan dengan rumus T-test taraf kepercayaan 0,995%, diketahui thitung= 4,401 lebih besar dari ttabel=2,66. Hal ini menunjukkan bahwa media Permainan Bingo efektif untuk meningkatkan penguasaann kosakata bahasa Jepang siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tengaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, media, kosakata
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2012 02:58
Last Modified: 19 Oct 2012 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16041

Actions (login required)

View Item View Item