Korelasi antara Kemampuan Memenggal Kalimat dengan Kemampuan Memahami Kalimat Bahasa Prancis


Avif Mahfian, , 2301407007 (2012) Korelasi antara Kemampuan Memenggal Kalimat dengan Kemampuan Memahami Kalimat Bahasa Prancis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Korelasi antara Kemampuan Memenggal Kalimat dengan	Kemampuan Memahami Kalimat Bahasa Prancis] Microsoft Word (. Korelasi antara Kemampuan Memenggal Kalimat dengan Kemampuan Memahami Kalimat Bahasa Prancis) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Tahap pertama dalam memahami suatu kalimat terutama dalam bahasa asing adalah mengetahui unsur-unsur kalimat. Saat membaca kalimat, meskipun pembaca tidak mengetahui arti dari kalimat tersebut, tentunya mereka akan menduga-duga manakah dari kalimat tersebut yang merupakan subjek, predikat atau objek. Hutagalung (2003:1) berpendapat bahwa mempelajari bahasa pada hakikatnya adalah membentuk kalimat dan yang terpenting adalah mengenali struktur/konstruksi kalimat dan memahami elemen-elemen kalimat dalam bahasa yang dipelajari. Peneliti mengamati bahwa kebanyakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis Unnes seringkali melakukan kesalahan saat membaca kalimat berbahasa Prancis. Kesalahan membaca mahasiswa tidak hanya berpusat pada kesalahan pengucapan (prononciation) saja, tetapi juga kesalahan dalam memenggal kalimat yang disebabkan oleh kekurangpahaman mahasiswa atas ciri-ciri sebuah subjek, predikat, dan objek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan memenggal kalimat dengan kemampuan memahami kalimat mahasiswa semester IV Pendidikan Bahasa Prancis Unnes serta untuk mengetahui penyebab dari kesalahan pemahaman. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan memenggal kalimat dan kemampuan memahami kalimat mahasiswa Semester IV Pendidikan Bahasa Prancis Unnes. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Dengan teknik tersebut didapat sampel 32 mahasiswa. Untuk mengumpulkan data digunakan metode tes. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan untuk mengukur reliabilitas digunakan rumus K-R 21 dan Alpha.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus product-moment. Dari hasil analisis diperoleh nilai r hitung = 0,045, sedangkan r tabel dengan taraf kepercayaan 95% adalah 0,349. Dengan demikian, hipotesis kerja ditolak.Dari hasil tersebut terlihat hubungan antara keduanya negatif.Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan memenggal kalimat tidak mempunyai hubungan atau tidak mempengaruhi kemampuan memahami kalimat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Memenggal Kalimat, Memahami Kalimat, Unsur-unsur Kalimat
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2012 02:07
Last Modified: 19 Oct 2012 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16038

Actions (login required)

View Item View Item