Upaya Meningkatkan Kelincahan dan Kecepatan Dalam Bermain sepak bola dengan menggunakan media kardus pada siswa kelas V SDI Kergon 01 Kota Pekalongan
R.M. Faridhun Aziz , 6102910198 (2012) Upaya Meningkatkan Kelincahan dan Kecepatan Dalam Bermain sepak bola dengan menggunakan media kardus pada siswa kelas V SDI Kergon 01 Kota Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Upaya Meningkatkan Kelincahan dan Kecepatan Dalam Bermain sepak bola dengan menggunakan media kardus pada siswa kelas V SDI Kergon 01 Kota Pekalongan)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini siswa belum mampu melakukan permainan sepak bola terutama kecepatan dan kelincahan, model dasar dalam bermain sepakbola dan bagi pemain merupakan modal sukses untuk mencetak gol, dan mempertahankan kemasukan gol. Dengan kemampuan kecepatan akan memudahkan pemain dalam rangka membawa bola. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah meningkatkan prestasi penguasaan dasar-dasar sepakbola bagi siswa dalam diterapkannya metode demontrasi ? (b) Bagaimana pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa ? Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar dasar-dasar sepakbola pada siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi, (b) mengetahui motivasi belajar dasar-dasar sepakbola setelah diterapkannya metode demonstrasin dengan menggunakan media kardus agar siswa tidak takut. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan. Subyek penelitian ini adalah Siswa Kelas V SDI Kergon 01 Kota Pekalongan. Sampel yang digunakan adala 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengambilandata diperoleh dari hasil tes unjuk kerja dan lembar obsevasi kegiatan belajar mengajar selama pelaksanaan tes. Dari hasil analisa didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (85,50%), siklus II (90,50%) untuk ranah psikomotor, siklus I (84,62%). Siklus II (90,50%) untuk ranah afektif Simpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDI Kergon 01 Kota Pekalongan serta model pembelajaran dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pendidikan jasmani. Saran penelitian ini menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga memperoleh hasil belajar yang optimal
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan sepak bola |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 18 Oct 2012 21:49 |
Last Modified: | 18 Oct 2012 21:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16024 |
Actions (login required)
View Item |