Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Lompat Jauh Dengan Permainan Bangau dan Katak Pada Siswa Kelas IV SDN Tirto 04 Kota Pekalongan


Tasurrun Nadhirin , 6102910192 (2012) Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Lompat Jauh Dengan Permainan Bangau dan Katak Pada Siswa Kelas IV SDN Tirto 04 Kota Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Lompat Jauh Dengan Permainan Bangau dan Katak Pada Siswa Kelas IV SDN Tirto 04 Kota Pekalongan] Microsoft Word (Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Lompat Jauh Dengan Permainan Bangau dan Katak Pada Siswa Kelas IV SDN Tirto 04 Kota Pekalongan) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa belum dapat melakukan lompat jauh dengan baik, Rumusan masalah tersebut diteliti melalui pendekatan bermain bangau dan katak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain bangau dan katak dan untuk mengatahui seberapa besar penguasaan gerak dasar lompat jauh dengan pendekatan bermain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian menggunakan metode pendekatan bermain bangau dan katak sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Tirto 04 Kota Pekalongan. Pertemuan dalam penelitian ini dirancang dua siklus, Adapun populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN SDN Tirto 04 kota Pekalongan pada semester dua tahun pelajaran 2011/2012. Sampel yang digunakan adalah 21. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus 1 dan siklus 2, baik dari penigkatan nilai rata-rata pembelajaran lompat jauh maupun nilai ketuntasan hasil belajar. , rata-rata siklus 1 (72, 28) dan rata-rata siklus 2 (86, 42), sehingga peningkatan dari kondisi awal ke siklus 2 sebesar (14, 14%). Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran lompat jauh dapat dilihat dari nilai KKM (65) atau tuntas sebesar 47, 61%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 14 dari 21 siswa (66, 66%) dan pada siklus 2 yang memiliki nilai diatas KKM sebanyak 20 dari 21 siswa keseluruhan atau tuntas sebesar (95, 23%). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pendekatan bermain bangau dan katak dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas IV SDN Tirto 04 Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran penelitian ini penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga memperoleh hasil belajar yang optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bermain Bangau dan Katak
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 21:38
Last Modified: 18 Oct 2012 21:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16021

Actions (login required)

View Item View Item