Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Diklat Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi.


Hafiz Hasan Basri , 5301404005 (2009) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Diklat Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Diklat Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi.] PDF (Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Diklat Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi.) - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Multimedia Pembelajaran Interaktif merupakan sebuah inovasi yang mempunyai kontribusi sangat besar terhadap perubahan proses belajar mengajar, dimana proses belajar tidak lagi hanya mendengarkan uraian materi dari guru yang terkesan membosankan tetapi materi bahan ajar dapat divisualisasikan dalam berbagai format dan bentuk yang lebih dinamis dan interaktif sehingga murid akan lebih termotivasi dan dapat menimbulkan minat untuk terlibat dalam proses belajar mengajar tersebut. Pembelajaran Komputer Jaringan dan Internet yang disampaikan dengan menggunakan metode ceramah guru ternyata kurang bisa memvisualisasikan materi pembelajaran tersebut dan membuat siswa merasa jenuh dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu dibuat suatu model pembelajaran interaktif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Permasalahan dalam Skripsi ini adalah merencanakan, membuat, dan mengevaluasi Media Pembelajaran Interaktif. Program Multimedia Pembelajaran Interaktif merupakan salah satu bentuk bahan ajar Multimedia yang diharapkan dapat mengatasi masalah kejenuhan siswa dalam proses pembelajaran. Program ini digunakan untuk menggambarkan bahan ajar yang membutuhkan sebuah perangkat komputer untuk mengaksesnya dan pengoperasiannya menggunakan media CD-ROM. Tujuan yang ingin dicapai adalah merancang dan membangun suatu Multimedia Pembelajaran Interaktif mata diklat Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi menggunakan piranti lunak Macromedia Flash 8 yang produk akhirnya berbentuk CD (Compact Disk) untuk membantu pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan metode check list dan angket. Program multimedia ini telah diujikan kepada 3 orang pakar multimedia dari Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 5 orang guru Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi SMK N 3 Semarang dan 5 Siswa SMK. Dari hasil uji media didapatkan data 77,78 % program yang dibuat telah memenuhi kriteria program untuk dijadikan sebagai Multimedia Pembelajaran Interaktif. Para pakar Media Berpendapat media ini layak untuk digunakan dengan melakukan sedikit perbaikan-perbaikan pada tampilan program. Menurut guru SMK N 3 Semarang, secara umum program ini termasuk ke dalam kategori baik dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dan siswa mempunyai respon positif dan merasa senang menggunakan Multi media Pembelajaran ini. Berdasarkan hasil penelitian, Saran yang dapat diberikan penulis kepada instansi sekolah yaitu, bahwa dalam menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada proses belajar mengajar KKPI, guru harus tetap aktif dalam memberikan motifasi belajar dengan berinteraksi langsung dengan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Apr 2011 03:20
Last Modified: 25 Apr 2015 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item