Upaya Peningkatanpembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Variasi Permainan Lompat Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Karangjambe Kecamatan WanadadiKabupaten Banjarnegara Tahun 2012


Dini Rofiani , 6102910067 (2012) Upaya Peningkatanpembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Variasi Permainan Lompat Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Karangjambe Kecamatan WanadadiKabupaten Banjarnegara Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Peningkatanpembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Variasi Permainan Lompat Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Karangjambe Kecamatan WanadadiKabupaten Banjarnegara Tahun 2012] Microsoft Word (Upaya Peningkatanpembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Variasi Permainan Lompat Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Karangjambe Kecamatan WanadadiKabupaten Banjarnegara Tahun 2012) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Latar belakang penulisan sekripsi ini adalah kemampuan dan minat siswa pada pembelajaran lompat jauh gaya jongkok kurang maksimal. Permasalahan yang menjadi pusat penelitian skripsi ini: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan variasi permainan lompat pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangjambe Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peninkatan kemampuan belajar lompat jauh gaya jongkok melalui variasi lompat dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Karangjambe, Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara berjumlah 29 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Tehnik analisa data menggunakan lembar penilaian observasi dan tes unjuk kerja dengan jenis penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan variasi permainan lompat dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Meningkatnya kualitas proses pembelajaran ditandai dengan peningkatan keaktivan siswa dari siklus I 72,22% ke siklus II 80,56% dari semua aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor adalah 8,24%. Meningkatnya hasil belajar terlihat dari peningkatan nilai rata-rata siklus I 71,38 dengan presentase ketuntasan 65,52% dan nilai rata-rata pada siklus II 76,04 dengan presentase ketuntasan 86,21%. Indikator keberhasilan tindakan dalam penelitian ini adalah meningkatnya proses pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan variasi permainan lompat. Siswa dikatakan tuntas belajar apabila mendapat nilai > 70 dan perolehan ketuntasan nilai secara klasikal > 80%. Sehingga diambil kesimpulan bahwa variasi permainan lompat dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. peneliti juga mengajukan saran untuk dapat mengusahakan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran dan untuk dapat mengembangkan model-model pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan variasi permainan lompat, SD Negeri 1 Karangjambe
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 20:55
Last Modified: 18 Oct 2012 20:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16011

Actions (login required)

View Item View Item