Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Melalui Pendekatan Model Permainan Lempar Tangkap Bola Tenis Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 02 Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012


Dadang Sularso , 6102910036 (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Melalui Pendekatan Model Permainan Lempar Tangkap Bola Tenis Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 02 Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya    Meningkatkan     Hasil     Belajar Tolak Peluru Melalui Pendekatan Model Permainan Lempar   Tangkap   Bola   Tenis  Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 02 Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012] Microsoft Word (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Melalui Pendekatan Model Permainan Lempar Tangkap Bola Tenis Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 02 Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksankan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru. Keberhasilan pembelajaran tolak peluru dengan pendekatan bermain ditandai dengan penguasaan teknik dasar tolak peluru, perubahan sikap pada saat pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari, meningkatnya penguasaan teknik tolak peluru menjadikan perolehan hasil belajar siswa meningkat sehingga dapat mencapai nilai KKM yang ditetapkan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research), pelaksanaan tidakan dalam penelitian ini dibagi dalam dua siklus dan dilaksanakan dalam empat kali pertemuan, dalam tiap siklus menunjukan perkembangan proses pembelajaran jasmani dengan materi tolak peluru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Sikasur pada semester II tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, angket, dan tes unjuk kerja siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian yang diperoleh pada tindakan siklus pertama prosentase siswa yang nilainya mencapai KKM menjadi 54% atau sebanyak 25 siswa dan 80% atau sebanyak 37 siswa pada tindakan siklus kedua dari kondisi awal prosentase siswa yang nilainya mencapai KKM sebanyak 45% atau 21 anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran tolak peluru dengan pendekatan bermain dapat menjadikan siswa lebih aktif mengikti pembelajaran, siswa antusias mengikuti pembelajaran dan kelihatan senang dalam melakukan tugas gerak yang diberikan guru sehingga keterampilan gerak siswa dan penguasaan materi tolak peluru meningkat sehingga nilai tolak peluru yang diperoleh siswa juga meningkat Menurut hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tolak peluru dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan peran aktif dan hasil belajar siswa berupa nilai tolak pelurusiswa kelas V SD Negeri 02 Sikasur berhasil. Penulis memberi saran bagi pemerintah pemerataan pembangunan supaya memperhatikan sekolah yang ada didaerah dalam hal sarana penunjang pendidikan, bagi sekolah pemenuhan media pembelajaran secara lengkap dianggarkan setiap tahun bertambah demi tercapainya tujuan pembelajaran, bagi guru penjas meningkatkat kreatifitas dalam menanggulangi kekurangan media yang menjadi hambatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2012 21:26
Last Modified: 17 Oct 2012 21:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15980

Actions (login required)

View Item View Item