Pelaksanaan Pembelajaran dan Evaluasi Pendidikan Jasmani di SMPLB Siswa Tuna Rungu Wicara SLB YPLB Danyang Purwodadi Kabupaten Grobogan tahun 2012


Agung Stiyo Prabowo , 6101408246 (2012) Pelaksanaan Pembelajaran dan Evaluasi Pendidikan Jasmani di SMPLB Siswa Tuna Rungu Wicara SLB YPLB Danyang Purwodadi Kabupaten Grobogan tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelaksanaan Pembelajaran dan Evaluasi Pendidikan Jasmani di SMPLB Siswa Tuna Rungu Wicara SLB YPLB Danyang Purwodadi Kabupaten Grobogan tahun 2012] Microsoft Word (Pelaksanaan Pembelajaran dan Evaluasi Pendidikan Jasmani di SMPLB Siswa Tuna Rungu Wicara SLB YPLB Danyang Purwodadi Kabupaten Grobogan tahun 2012) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan jasmani yang dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani di SMPLB bagian B di sekolah Luar Biasa YPLB Danyang Purwodadi tahun 2012”?Lokasi penelitian ini adalah di SMPLB Tuna Rungu Wicara yang berada di kelurahan Danyang, kecamatan Purwodadi, kabupaten Grobogan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian, proses pembelajaran pendidikan jasmani di SMPLB siswa tuna rungu wicara SLB YPLB Danyang Purwodadi Kabupaten Grobogan dikemas dalam bentuk yang sesuai dengan kekhususan peserta didik (tuna rungu wicara) dan semua intruksi disampaikan dengan bahasa isyarat bagi tuna rungu wicara. Penerapan pembelajaran pendidikan jasmani sesuai dengan standar kempetensi dan kompetensi dasar bagi siswa tuna rungu wicara. Proses evaluasi akhir tahap penilaian, guru menggunakan teknik tes yaitu melaksanakan hasil belajar dengan mengukur skill atau kemampuan siswa, sebab melihat melihat kecacatan siswa yaitu anak tuna rungu wicara yang mempunyai fisik yang baik sama dengan fisik anak yang normal, maka pengukuran tetap dilaksanakan, dan evaluasi juga dilakukan dengan teknik non tes yaitu menggunakan pengamatan semata selama proses pembelajaran pendidikan jasmani yang dilihat dari segi kognitif dan afektif. Kesimpulan proses pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pendidikan jasmani siswa SMPLB siswa tuna rungu wicara YPLB Purwodadi untuk pelaksanaanya masih kurang baik. Sarana-prasarana yang minim, untuk siswa sangat beantusias dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Saran yang saya berikan, sebaiknya guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan sekolah membuat pedoman evaluasi penilaian pendidikan jasmani untuk siswa yang berkebutuhan khusus siswa tuna rungu wicara, agar proses pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pendidikan jasmani dapat terarah dan tercapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani, Anak Luar Biasa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2012 20:52
Last Modified: 17 Oct 2012 20:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15973

Actions (login required)

View Item View Item