Upaya peningkatan servis atas dalam permainan bola voli dengan metode alat bantu bola plastik Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri 2 bulak Rowosari Tahun 2012
Wahyu Adi Nugroho , 6102910076 (2012) Upaya peningkatan servis atas dalam permainan bola voli dengan metode alat bantu bola plastik Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri 2 bulak Rowosari Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Upaya peningkatan servis atas dalam permainan bola voli dengan metode alat bantu bola plastik Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri 2 bulak Rowosari Tahun 2012 )
- Published Version
Download (26kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah pembelajaran dengan bermain dapat meningkatkan kemarnpuan bermain bola voli pada servis atas siswa kelas IV semester II SD Negeri 2 Bulak ?”. Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Bulak Semester II tahun 2011/2012 . Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini diawali dengan rnelaksanaka pree tes kemampuan servis atas dalam permainan bola voli siswa kemudian disusun langkah-langkah sesuai dengan identifikasi masalah yang digunakan. siklus: 1) SikIus I, Pembelajaran Bola voli diawali dengan permainan dengan yang paling sederhana bola voli pada siswa yang sudah dibagi menjadi 4 kelompok dengan jumlah bola yang ada masing-masing kelompok 1 buah. 2) Siklus II, Pembelajaran servis atas dalam permainan bola voli yang diawali dengan permainan lempar bola pada siswa yang sudah dibagi menjadi 4 kelompok. Hasil dari penelitian ini yaitu: didasarkan pada data hasil penelitian prosentase dan kondisi hasil pre test maupun dari siklus I dan siklus II, yaitu hasil pretest nilai rata-rata kemampuan servis atas sebesar 63,8 menjadi 67,2 pada pelaksanaan tindakan siklus I, dan meningkat lagi menjadi 73,7 pada pelaksanaan tindakan siklus II. Peningkatan kemampuan servis atas sebagairnana bukti di atas juga didukung oleh meningkatnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran meningkat dari kondisi awal, pada sikius I, dan pada tindakan siklus II. Pada kondisi awal skor total perolehan pencapaian kuantitatif terhadap proses pembelajaran sebesar 63,8 atau 63,8%. Pencapaian ini rneningkat 5% pada siktus I, yaitu menjadi 67,2%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 71.7% atau naik I 2% dari kondisi awal, Meningkatnya proses pembelajaran secara logis akan mendorong meningkatnya prestasi belajar, yang dalam konteks ini adalah meningkatnya kemampuan siswa dalam melakukan servis atas. Kesimpulan penelitian ini mengacu dari hasil penelitian terhadap kemampuan servis atas siswa kelas IV SDN 2 Bulak Rowosari, maka penulis memberikan saran berdasarkan hasil penelitian antara lain : Guru Penjasorkes untuk lebih meningkatkan kompetensi paedagogiknya yaitu dalam merancang,menyusun ,melaksanakan pembelajaran dan evaluasi melalui berbagai sumber
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Servis Atas Permainan Bola Voli |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 17 Oct 2012 02:16 |
Last Modified: | 17 Oct 2012 02:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15960 |
Actions (login required)
View Item |