Pengembangan Linux Live USB sebagai Media Distribusi Jurnal Ilmiah


Ageng Rikhmawan , 5301405014 (2012) Pengembangan Linux Live USB sebagai Media Distribusi Jurnal Ilmiah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Linux Live USB sebagai Media Distribusi Jurnal Ilmiah] Microsoft Word (Pengembangan Linux Live USB sebagai Media Distribusi Jurnal Ilmiah) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Rendahnya publikasi ilmiah di indonesia yang disebabkan rendahnya minat penulisan serta kurangnya akses publik dalam menelusuri karya ilmiah menyebabkan Indonesia dipandang sebagai negara dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lambat. Sementara Indonesia juga mempunyai peringkat tinggi dalam pembajakan perangkat lunak. Dengan adanya permasalahan diatas maka peneliti menawarkan suatu tindakan alternatif untuk mengatasi masalah yang ada berupa pengembangan media distribusi jurnal ilmiah. Salah satu pemilihan media distribusi jurnal ilmiah adalah dengan mengembangkan Linux Live USB. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan integrasi dokumentasi karya ilmiah dengan sistem operasi Linux Ubuntu Live USB. Serta membuat sistem dokumentasi ilmiah yang dapat dimutakhirkan. Adapun metode penelitian dengan menggunakan pendekatan “Penelitian Pengembangan” (Research and Development). Menurut Sugiyono (2008:311) Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti sehingga menghasilkan produk baru, dan selanjutnya menguji keefektifan produk tersebut. Dengan potensi masalah integrasi Linux Ubuntu Live USB dengan dokumentasi ilmiah, sistem pemutakhirannya serta kemudahan penggunaan. Kemudian peneliti mengumpulkan data berupa informasi sebagai dasar perencanaan produk. Desain produk yang dilakukan adalah desain dokumentasi ilmiah dengan mengunakan Open Journal System, desain tampilan serta penambahan aplikasi yang dapat mendukung pembuatan jurnal ilmiah. Lalu proses Remastering dilakukan oleh perangkat Lunak Remastersys. Hasil dari proses Remastering akan dipasang pada USB Flash Disk. Validasi desain dilakukan dengan wawancara pada tenaga ahli. Perbaikan desain dilakukan berdasarkan masukan dari para ahli diantaranya tentang pemutakhiran dokumentasi ilmiah. Uji coba produk dilakukan dengan USB Flash disk yang telah dipasang sistem operasi hasil Remastering pada komputer penguji. Ujicoba pemakaian dilakukan oleh tenaga ahli dengan pengisian angket. Revisi produk yang dilakukan adalah pengaturan bahasa menjadi Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil angket ujicoba pemakaian yang telah diberikan tenaga ahli, produk ini dikategorikan dalam kriteria sangat baik dengan persentase instrument evaluasi hasil analisis data yang menghasilkan (86.25%) oleh dosen dan ahli. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: telah dihasilkan Linux Live USB sesuai dengan kebutuhan, baik dan layak digunakan sebagai media distribusi jurnal ilmiah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: linux, live USB, jurnal ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2012 01:06
Last Modified: 17 Oct 2012 01:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15946

Actions (login required)

View Item View Item