Aplikasi Model Sistem Informasi Geografis (SIG) Inventarisasi Obyek Wisata Kota Semarang


Masda Ari Lukmana , 5101408037 (2012) Aplikasi Model Sistem Informasi Geografis (SIG) Inventarisasi Obyek Wisata Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Aplikasi Model Sistem Informasi Geografis (SIG) Inventarisasi Obyek Wisata Kota Semarang] Microsoft Word (Aplikasi Model Sistem Informasi Geografis (SIG) Inventarisasi Obyek Wisata Kota Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Pariwisata kini menjadi salah satu sektor yang diandalkan pemerintah Republik Indonesia untuk dikembangkan sebagai upaya meningkatkan devisa negara. Sektor pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor ekonomi jasa yang memiliki prospek yang cerah dan mempunyai potensi serta peluang yang sangat besar untuk dikembangkan. Salah satunya adalah kota Semarang yang memiliki daya tarik bagi para pengunjung yang datang dari dalam kota maupun luar kota karena keindahan alamnya. Pesatnya perkembangan dunia pariwisata, tidak diiringi dengan perkembangan teknologi yang digunakan. Sebagian besar informasi yang ada belum dilengkapi dengan peta digital. Peta digital dapat menyajikan informasi yang lengkap dan akurat dari obyek wisata yang tersedia. Demikian salah satu cara yang dapat digunakan untuk memberikan informasi pariwisata di suatu daerah dengan menggunakan teknologi sistem informasi pariwisata yang berbasis teknologi Sistem Infomasi Geografis (SIG). Permasalahan yang ingin penulis kaji didalam skripsi ini adalah: Sejauh mana Sistem Informasi Geografis (SIG) dapat menampilkan informasi obyek wisata di Kota Semarang yang dilengkapi data keruangan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode SIG, Network Analyst, dan Black Box. Metode SIG terdiri dari pesiapan, pengumpulan data, integrasi data, visualisasi data, dan pengujian sistem, sedangkan metode network analyst digunakan untuk mencari jalur terdekat menuju tujuan wisatawan. Dan metode black box digunakan untuk menguji aplikasi untuk mengetahui apakah sistem pada aplikasi ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dalam pengujian aplikasi dilakukan kepada penguji yang belum pernah tau apa itu SIG. Berdasarkan hasil pengujian dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi SIG obyek wisata kota Semarang dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Namun untuk menyempurnakan aplikasi sistem informasi geografis obyek wisata kota semarang dibutuhkan pengembangan yang lebih sempurna dalam bentuk (.EXE). Sehingga aplikasi ini dapat memudahkan user dalam menggunakan aplikasi mengenai obyek wisata kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Sistem Informasi Geografis, Inventarisasi, Obyek Wisata,Kota Semarang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2012 01:02
Last Modified: 17 Oct 2012 01:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15945

Actions (login required)

View Item View Item