Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Implementasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Permainan Kotak Bom di SMP Negeri 1 Gajah


Lisa Kartika Riantini , 4101406088 (2012) Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Implementasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Permainan Kotak Bom di SMP Negeri 1 Gajah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Implementasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Permainan Kotak Bom di SMP Negeri 1 Gajah] Microsoft Word (Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Implementasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Permainan Kotak Bom di SMP Negeri 1 Gajah) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Sampai saat ini masih banyak ditemui kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep pada mata pelajaran matematika yang bersifat abstrak. Kesulitan tersebut juga dialami pada siswa SMP N 1 Gajah, hal ini ditunjukan masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran kooperatif dapat mendorong siswa bekerja sama sehingga lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan ide yang dimiliki. Guru dengan bantuan media pembelajaran dapat menjelaskan konsep abstrak menjadi lebih kongkret. Lingkaran adalah salah satu materi yang bersifat abstrak. Pembelajaran dengan model Numbered Heads Together (NHT) dengan permainan ‘Kotak Bom’ merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah siswa lebih memahami materi Lingkaran dan meningkatkan aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dapat memenuhi KKM dan apakah aktivitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran NHT dengan Permainan ‘kotak bom’. Penelitian ini mengkaji implementasi model pembelajaran NHT dengan Permainan ‘kotak bom’ terhadap ketuntasan belajar serta membandingkannya terhadap model pembelajaran klasikal pada materi pokok yang berkaitan dengan unsur-unsur lingkaran, keliling lingkaran, dan luas lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Gajah. Dengan teknik random sampling terpilih satu kelompok siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa 78,57% siswa yang diajar menggunakan model NHT dengan Permainan ‘kotak bom’ tuntas dalam pelajaran matematika dengan rata-rata 74,5 dan pada siswa yang diajar secara klasikal diperoleh hasil 60,71% dengan rata-rata 67,9. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model NHT dengan Permainan ‘kotak bom’ lebih baik dari siswa yang diajar dengan cara klasikal di SMP N 1 Gajah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dengan implementasi model pembelajaran NHT dengan Permainan ‘kotak bom’. Model pembelajaran NHT dengan Permainan ‘kotak bom’ dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT), Aktivitas, Permainan kotak bom, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2012 00:58
Last Modified: 17 Oct 2012 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15944

Actions (login required)

View Item View Item