Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Prancis bermuatan Budaya dengan Tema Se Présenter dan La Vie Scolaire untuk Siswa SMA Kelas X Semester 1dan 2


Anggit Faizman , 2301406015 (2012) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Prancis bermuatan Budaya dengan Tema Se Présenter dan La Vie Scolaire untuk Siswa SMA Kelas X Semester 1dan 2. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Prancis bermuatan Budaya dengan Tema Se Présenter dan La Vie Scolaire untuk Siswa SMA Kelas X  Semester 1dan 2] Microsoft Word (Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Prancis bermuatan Budaya dengan Tema Se Présenter dan La Vie Scolaire untuk Siswa SMA Kelas X Semester 1dan 2) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menghendaki adanya buku ajar bahasa Prancis yang mengandung unsur-unsur budaya dengan tujuan untuk memperkenalkan budaya luar maupun membandingkannya dengan budaya Indonesia. Dengan demikian dalam menggunakan buku-buku tersebut para guru seharusnya mempersiapkan RPP yang terkait dengan pemahaman budaya. Bagaimanakah desain rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Prancis yang mengandung aspek budaya dengan tema se présenter dan la vie scolaire untuk siswa SMA kelas X semester 1 dan 2? Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan atau research and development (R&D). Menurut Sugiono (2008: 409) terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun karena terbatasnya waktu, peneliti hanya mengadopsi lima langkah yakni merumuskan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi, dan revisi desain. Hasil penelitian ini berupa dua contoh atau model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Prancis bermuatan budaya yang bertema kehidupan sehari-hari. Tema tersebut sesuai dengan tema yang diambil dari silabus SMA/MA.. Desain kedua RPP tersebut mengambil materi tentang se présenter dan la vie scolaire, kemudian RPP dikembangkan sesuai keterampilan yang difokuskan yaitu pemahaman budaya, lalu peneliti menambahkan beberapa gambar untuk memperjelas materi. Kemudian pada tahap terakhir, dua model RPP tersebut dikonsultasikan pada ahli untuk mengetahui kekurangan dan kelemahannya. Setelah melakukan beberapa revisi sesuai saran ahli, kedua model RPP tersebut divalidasi oleh ahli/validator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Se Présenter, Budaya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 03:25
Last Modified: 16 Oct 2012 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15918

Actions (login required)

View Item View Item