Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Imagine dengan Media Poster untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batangan, Pati


Wahyu Oktarina Dewi, 2101408062 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Imagine dengan Media Poster untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batangan, Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Imagine dengan Media Poster untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batangan, Pati] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Imagine dengan Media Poster untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batangan, Pati) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Menulis puisi adalah kegiatan melahirkan pikiran dan perasaan secara ekspresif dan apresiatif dengan proses untuk menghasilkan sesuatu yang baru melalui puisi. Keberhasilan pengajaran keterampilan menulis bahasa maupun sastra pada umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah materi, media yang digunakan guru dalam mengajar, tekniknya, dan kemampuan siswanya sendiri. Dari beberapa faktor itu faktor gurulah yang memegang peranan sangat penting, karena gurulah yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan pembelajaran kepada siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia, diketahui bahwa tingkat menulis puisi siswa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batangan masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yakni faktor teknik pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan menulis puisi tersebut, peneliti mencoba memberikan solusi dengan menggunakan teknik imagine dengan media poster. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) peningkatan ketrampilan menulis puisi melalui teknik imagine dengan media poster (khayalan visual) untuk siswa kelas VII SMP N 2 Batangan, Pati ; (2) perubahan perilaku siswa kelas VII SMP 2 Batangan, saat dilakukan pembelajaran ketrampilan menulis puisi melalui teknik imagine dengan media poster (khayalan visual). Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsi peningkatan ketrampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP, saat dilakukan pembelajaran ketrampilan menulis kreatif puisi melalui media poster dengan teknik imagine (khayalan visual); (2) mendiskripsi perubahan perilaku siswa kelas VII SMP dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui media poster dengan teknik imagine (khayalan visual). Penelitian ini menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian keterampilan menulis puisi, yang masing-masing terdiri atas empat tahap, yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan secara kuantitatif untuk data tes dan secara kualitatif untuk data nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman foto. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan, keterampilan menulis puisi melalui teknik imagine dan media poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 2 Batangan. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata mencapai 70,37 dan pada siklus II meningkat sebesar 2,30 yakni mencapai nilai rata-rata 72,67. Peningkatan tes klasikal ini diikuti peningkatan nilai per aspeknya. Selain itu perilaku siswa dalam menulis puisi juga mengalami perubahan. Siswa lebih kreatif dan aktif dalam pembelajaran menulis puisi. Peneliti menyarankan kepada guru bahasa Indonesia kelas VII SMP N 2 Batangan agar menggunakan atau menerapkan teknik imagine dengan media poster dalam pembelajaran menulis puisi. karena teknik imagine dengan media poster ini terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis puisi. Bagi siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran agar dapat mengatasi kesulitan dalam belajar, terutama menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis puisi, media poster, teknik imagine
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2012 01:45
Last Modified: 16 Oct 2012 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15904

Actions (login required)

View Item View Item