Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasi dengan Menggunakan Teknik Clustering melalui Media Poster Siswa Kelas X 7 SMA Negeri 2 Ungaran.


Immas Maulina Mukti, , 2101408048 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasi dengan Menggunakan Teknik Clustering melalui Media Poster Siswa Kelas X 7 SMA Negeri 2 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasi dengan Menggunakan Teknik Clustering melalui Media Poster Siswa Kelas X 7 SMA Negeri 2 Ungaran.] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasi dengan Menggunakan Teknik Clustering melalui Media Poster Siswa Kelas X 7 SMA Negeri 2 Ungaran.) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Keterampilan menulis paragraf persuasi siswa kelas X 7 SMA Negeri 2 Ungaran masih rendah. Rendahnya keterampilan ini dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi antara lain siswa kesulitan menuangkan gagasan dalam bentuk paragraf persuasi dan memilih kata yang tepat, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi adalah teknik yang digunakan guru kurang efektif dan terbatasnya media pembelajaran, sehingga siswa kurang termotivasi mengikuti pembelajaran. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis paragraf persuasi adalah dengan menggunakan teknik clustering melalui media poster. Masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran menulis paragraf persuasi, peningkatan keterampilan menulis paragraf persuasi, dan perubahan perilaku belajar siswa kelas X 7 SMA Negeri 2 Ungaran setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik clustering melalui media poster. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran menulis paragraf persuasi, peningkatan keterampilan menulis paragraf persuasi, dan perubahan tingkah laku siswa kelas X 7 SMA Negeri 2 Ungaran setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan teknik clustering melalui media poster. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf persuasi siswa kelas X 7 SMA Negeri 2 Ungaran. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis paragaraf persuasi, sedangkan variabel bebas penelitian ini adalah teknik clustering dan media poster. Proses pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan teknik clustering melalui media poster yaitu intensifnya proses penumbuhan minat menulis paragraf persuasi siswa dengan memaparkan tujuan menulis paragraf persuasi, terjadinya proses penjelasan yang kondusif tentang bagaimana cara menulis paragraf persuasi menggunakan teknik clustering melalui media poster, intensifnya proses siswa menulis paragraf persuasi dengan didampingi guru sehingga siswa mampu menulis paragraf persuasi dengan baik, kondusifnya kondisi kelas saat siswa membacakan paragraf persuasinya di depan kelas, dan terbangunnya suasana yang reflektif sehingga siswa dapat menyadari kekurangan saat proses pembelajaran dan mengetahui apa yang harus dilakukan setelah proses pembelajaran berlangsung. Rata-rata tes keterampilan menulis paragraf persuasi siklus I adalah 68,06 dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II mencapai 82,41dengan kategori baik. Dengan demikian terdapat peningkatan sebesar 14,35 atau 21,08% dari siklus I. Peningkatan keterampilan menulis paragraf persuasi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Pada siklus II kondisi kelas lebih kondusif, siswa yang kurang termotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi, siswa tampak serius, percaya diri, serta antusias mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasi. Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran menulis paragraf persuasi dan mengatasi masalah-masalah yang dialami siswa. Setelah penelitian dilaksanakan, peneliti memberikan saran sebagai berikut (1) bagi guru bahasa Indonesia, sebaiknya menggunakan teknik clustering dan media poster pada pembelajaran menulis paragraf persuasi sehingga pembelajaran tidak membosankan, (2) siswa hendaknya menggunkan teknik clustering dan media poster supaya dalam menulis paragraf persuasi hasil yang dicapai lebih maksimal, dan (3) peneliti lain dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan teknik dan media pembelajran yang berbeda sehingga dIdapat berbagai alternatif teknik dan media pembelajaran menulis paragraf persuasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis paragraf persuasi, teknik clustering, media poster.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2012 01:36
Last Modified: 16 Oct 2012 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15902

Actions (login required)

View Item View Item