Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi menggunakan Media Majalah dengan Teknik Pelatihan Terbimbing pada Siswa Kelas VIII E SMP N 2 Bojong.


Susi Mei.Handasari,, 2101408044 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi menggunakan Media Majalah dengan Teknik Pelatihan Terbimbing pada Siswa Kelas VIII E SMP N 2 Bojong. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi menggunakan Media Majalah dengan Teknik Pelatihan Terbimbing  pada Siswa Kelas VIII E SMP N 2 Bojong.] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi menggunakan Media Majalah dengan Teknik Pelatihan Terbimbing pada Siswa Kelas VIII E SMP N 2 Bojong.) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Keterampilan menulis puisi siswa SMP Negeri 2 Bojong kelas VIII E belum dikatakan baik secara keseluruhan. Hal ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih konvensional sehingga terkesan menjenuhkan, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, dan kurangnya motivasi siswa dalam menulis puisi karena adanya anggapan siswa mengenai pembelajaran menulis puisi yang sulit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII E Negeri 2 Bojong menggunakan media majalah dengan teknik pelatihan terbimbing. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) berapa besar peningkatan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis puisi bebas menggunakan media cerita pendek dari majalah melalui teknik pelatihan terbimbing pada siswa kelas VIII E SMP Negeri II Bojong; (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP E Negeri II Bojong terhadap pembelajaran menulis puisi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media cerita pendek dari majalah melalui teknik latihan terbimbing? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis puisi bebas menggunakan cerpen dari majalah melalui teknik pelatihan terbimbing pada siswa kelas VIII E SMP 2 Bojong; (2) mendeskripsikan perubahan sikap siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Bojong terhadap pembelajaran menulis puisi bebas setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan menggunakan media cerpen dari majalah melalui teknik pelatihan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten pekalongan. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis puisi dan penggunaan teknik pelatihan terbimbing. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis puisi siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan media majalah dengan teknik pelatihan terbimbing siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Pekalongan. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 73 atau dalam kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86 atau dalam kategori sangat baik. Pada siklus I dan siklus II meningkat 13%. Peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, siswa yang kurang termotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis puisi pada siklus II dan tampak serius, percaya diri, serta antusias mengikuti pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Pekalongan mengalami peningkatan dan perubahan perilaku yang positif setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan media majalh dengan teknik pelatihan terbimbing. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyampaikan hasil kepada guru terutama guru yang mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri 2 Bojong untuk menggunakan media majalah dengan teknik pelatihan terbimbing sebagai alternatif media pembelajaran menulis puisi. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis puisi dengan media dan model pembelajaran yang berbeda dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, media majalah, dan teknik pelatihan terbimbing.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2012 01:33
Last Modified: 16 Oct 2012 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15901

Actions (login required)

View Item View Item