Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Dialog Konservasi Lingkungan dengan Model Siklus Belajar melalui Media Boneka Sahabat Kelas V SDN 2 Kajeksan Kudus
Dyah Eka Saputri,, 2101408020 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Dialog Konservasi Lingkungan dengan Model Siklus Belajar melalui Media Boneka Sahabat Kelas V SDN 2 Kajeksan Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Dialog Konservasi Lingkungan dengan Model Siklus Belajar melalui Media Boneka Sahabat Kelas V SDN 2 Kajeksan Kudus)
- Published Version
Download (14kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil prasiklus, keterampilan menulis teks dialog konservasi lingkungan kelas V SDN 2 Kajeksan Kudus belum memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu, peneliti berusaha meningkatkan keterampilan siswa menulis teks dialog konservasi lingkungan dengan model siklus belajar melalui media boneka sahabat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) perubahan perilaku siswa kelas V SDN 2 Kajeksan Kudus, dan (2) peningkatan keterampilan menulis teks dialog konservasi lingkungan siswa kelas V SDN 2 Kajeksan Kudus setelah diberikan model siklus belajar melalui media boneka sahabat. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas V SDN 2 Kajeksan Kudus, dan (2) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis teks dialog konservasi lingkungan kelas V SDN 2 Kajeksan Kudus setelah diberikan model siklus belajar melalui media boneka sahabat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks dialog konservasi lingkungan dengan model siklus belajar melalui media boneka sahabat siswa kelas V SDN 2 Kajeksan Kudus. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas V SDN 2 Kajeksan Kudus dengan jumlah 23 siswa, terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan menulis teks dialog konservasi lingkungan dan variabel model siklus belajar melalui media boneka sahabat. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes produk berupa penugasan menulis teks dialog konservasi lingkungan, sedangkan nontes yang digunakan adalah observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Perilaku siswa menunjukkan perubahan ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih aktif selama pembelajaran, lebih berfokus terhadap penjelasan guru dan disiplin, lebih percaya diri dan saling menghargai dalam kegiatan diskusi, serta lebih mampu bekerja sama dan berbagi dengan temannya. Selain itu, diketahui nilai rata-rata kelas pada tes prasiklus mencapai 52,83 dan termasuk dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 14,71% menjadi 67,54 dan termasuk dalam kategori cukup. Hasil siklus II, nilai rata-rata tes menulis teks dialog konservasi lingkungan siswa meningkat sebesar 10,9% menjadi 78,44 dan termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan oleh peneliti kepada guru bahasa dan sastra Indonesia adalah model siklus belajar melalui media boneka sahabat dapat diterapkan dalam keterampilan menulis teks dialog konservasi lingkungan karena dapat meningkatkan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, teks dialog konservasi lingkungan, model siklus belajar, dan media boneka sahabat |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Oct 2012 01:15 |
Last Modified: | 16 Oct 2012 01:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15898 |
Actions (login required)
View Item |